Refleksi Pendidikan Kewirausahaan : Sudahkan Mampu Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Program Studi Adminsitrasi Bisnis)
Abstract
Tingginya jumlah pengangguran yang berasal dari perguruan tinggi menjadi landasan dan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi agar mampu menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif tidak hanya mengantungkan masa depan pada lapangan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat dan keterampilan berwirausaha mahasiswa. Dilakukan pada salah satu program studi di Universitas Mulawarman Samarinda, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 56 responden yakni mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Mulawarman angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat dan keterampilan berwirausaha mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan memerlukan sinergi antara learning outcomes yang ingin dicapai dengan rancangan proses pendidikan. Isi dari rancangan pendidikan kewirausahaan yang meliputi materi pendidikan yang diberikan, metode pembelajaran, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran dan keadaan lingkungan pendidikan harus dirancang dengan baik agar mampu mencapai learning outcomes Program Studi Administrasi Bisnis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, & Aris, D. C. (2013). Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan). Yogyakarta: Gaya Media.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Izedonmi, P. F., & Chinonye, O. (2010). The Effect Of Entrepreneurship Education On Students Entrepreneurial Intentions. Global Journal Of Management and Business Research Vol. 10 Issue 6 (Ver 1.0).
Saroni, M. (2012). Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suryana. (2013). Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuju Sukses). Jakarta: Salemba Empat.
Wibowo, A. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astiti, Y. W. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Skripsi
Permatasari, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Skripsi
Yuliatin, Eni. (2017). Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda Angkatan 2014-2016).Jurnal
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Tahun 2017 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia
BPHN. (n.d.). Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1995. Diambil dari http://www.bphn.go.id/data/documents/95ip004.pdf diakses pada 15 Juli 2017
BPS. (2017). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2017. Diambil dari http://www.bps.go.id/linktabelstatis/view/id/972 diakses pada 13 Agustus 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.