Implementasi Metode User Experience Questionnaire Pada Website Kepegawaian Universitas Mulawarman
Abstract
Website Kepegawaian Universitas Mulawarman (Unmul) merupakan salah satu sarana penting bagi para pegawai Unmul untuk mengakses informasi dan layanan kepegawaian. Untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi website dalam memenuhi kebutuhan penggunanya, dilakukan evaluasi website menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini melibatkan 50 pegawai Unmul yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner UEQ yang terdiri dari 6 dimensi, yaitu: Kegunaan untuk Mengukur kemudahan penggunaan website, Keefektifan untuk Mengukur kemampuan website dalam membantu pengguna mencapai tujuan. Kepuasan untuk Mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap website. Kemampuan belajar untuk Mengukur kemudahan pengguna dalam mempelajari cara menggunakan website. Memorability untuk Mengukur kemampuan pengguna dalam mengingat cara menggunakan website. Kesalahan untuk Mengukur tingkat kesalahan yang dilakukan pengguna saat menggunakan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Kepegawaian Unmul memiliki skor UEQ yang cukup baik secara keseluruhan, dengan nilai tertinggi pada dimensi kegunaan dan nilai terendah pada dimensi kemampuan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa website tersebut mudah digunakan dan membantu pengguna dalam mencapai tujuan, namun masih perlu ditingkatkan dalam hal kemudahan mempelajari cara penggunaannya. Berdasarkan hasil evaluasi, beberapa rekomendasi untuk meningkatkan website Kepegawaian Unmul diajukan, antara lain: Menyediakan panduan pengguna yang lebih lengkap dan mudah dipahami, Meningkatkan desain website agar lebih intuitif dan menarik, Melakukan pengujian usability secara berkala untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang ada. Dengan menerapkan rekomendasi tersebut, diharapkan website Kepegawaian Unmul dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan para penggunanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Rivani Ibrahim, B. Nur Basuki, A. Soepriyadi, D. Mirwansyah, and A. Prafanto, “Implementasi Contents Management System (CMS) Dalam Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Universitas Mulawarman,” JURTI, vol. 6, no. 1, 2022.
M. A. Azis, H. Muslimah Az-Zahra, and L. Fanani, “Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. Putro, M. P. Kurniawan, and K. Kunci -Lapor Bantul, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul Implementation Methods of UEQ and Cooperative Evaluation to Evaluate User Experience Lapor Bantul,” Citec Journal, vol. 6, no. 1, 2019.
S. K. Oswal, “Breaking the exclusionary boundary between user experience and access: Steps toward making UX inclusive of users with disabilities,” in SIGDOC 2019 - Proceedings of the 37th ACM International Conference on the Design of Communication, Association for Computing Machinery, Inc, Oct. 2019. doi: 10.1145/3328020.3353957.
N. Saputra et al., “ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182763.
R. Tang, W. Lu, W. Gregg, S. Gentry, and S. E. Humeston, “Towards a More Inclusive Technical Website: Knowledge Gaps, Performance, Experience, and Perception Differences among Various User Groups,” 2018.
G. Fachrul Farlian and A. History, “The Method User Experience Questionnaire Analysis of Identitas Kependudukan Digital Application ARTICLE INFORMATION ABSTRACT,” vol. 25, no. 2, pp. 128–134, 2023, doi: 10.31294/paradigma.v25i2.
K. Khanza Pangestu, T. Lathif, M. Suryanto, and A. Pratama, “USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) SEBAGAI METODE PENGUKURAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA VIRTUAL CAMPUS TOUR UPN,” 442 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 7, no. 2, pp. 442–451, 2023, doi: 10.52362/jisamar.v7i2.718.
S. Rasio Henim and R. Perdana Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” 2020. [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/
R. Black and J. Ollerton, “Playspace users’ experience of a socially inclusive playspace: the case study of Livvi’s Place, Port Macquarie, New South Wales, Australia,” World Leis J, vol. 64, no. 1, pp. 3–22, 2022, doi: 10.1080/16078055.2021.1894230.
S. Y. R. Marpaung and N. Nuraeni, “Evaluasi User Experience Website E-Learning My-Elnusa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” JURNAL SWABUMI, vol. 11, no. 1, p. 2023, 2023.
S. Kikitamara and A. A. Noviyanti, “A conceptual model of user experience in scrum practice,” Proceedings of 2018 10th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering: Smart Technology for Better Society, ICITEE 2018, pp. 581–586, 2018, doi: 10.1109/ICITEED.2018.8534905.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta, 2018.
A. Zainuri and S. Saepuloh, “Evaluasi Manajemen Media Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah,” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 3, pp. 255–263, Jan. 2023, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i3.267.
A. Putri and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation,” JEISBI, vol. 3, no. 2, pp. 2774–3993, 2022.
N. K. Suastini, I. G. L. A. R. Putra, and I. P. Satwika, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website Distro Management System (Dimans),” JUTISI, vol. 7, no. 3, pp. 135–144, 2078.
J. Vindenes and B. Wasson, “A Postphenomenological Framework for Studying User Experience of Immersive Virtual Reality,” Front Virtual Real, vol. 2, Apr. 2021, doi: 10.3389/frvir.2021.656423.
H. Wu, T. Cai, D. Luo, Y. Liu, and Z. Zhang, “Immersive virtual reality news: A study of user experience and media effects,” International Journal of Human Computer Studies, vol. 147, Mar. 2021, doi: 10.1016/j.ijhcs.2020.102576.
R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh, and M. Anggriani, “ANALISIS SISTEM INFORMASI WEB LSP UAD MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, vol. 4, no. 2, pp. 173–178, Oct. 2021, doi: 10.46880/jmika.Vol4No2.pp173-178.
S. Gede Ngurah Kerta Sanjaya Arya Jelantik et al., “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (Arya Jelantik) Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” JUTISI, vol. 8, no. 3, pp. 95–106, 2019, [Online]. Available: www.siska.primakara.
S. Sutrisno and J. A. Nasucha, “Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity,” At-tadzkir: Islamic Education Journal, vol. 1, no. 1, pp. 13–22, Oct. 2022, doi: 10.59373/attadzkir.v1i1.3.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v8i1.15772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.