Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Sapabali Untuk Pelestarian Bahasa Bali Dengan Pendekatan Design Thinking

Rahmat Rival Ardani, I Nyoman Tri Anindia Putra

Abstract


Bahasa Bali merupakan bagian penting dari identitas budaya masyarakat Bali, namun keberadaannya mengalami ancaman akibat minimnya penggunaan oleh generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX aplikasi “SapaBali” sebagai media pembelajaran dan penerjemahan bahasa Bali yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda dan wisatawan. Pendekatan Design Thinking digunakan dalam proses perancangan, yang terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara, mengembangkan solusi berbasis user persona dan How Might-We, serta menghasilkan prototipe realistis yang diuji pada 13 responden melalui platform Maze. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fitur-fitur aplikasi umumnya mudah dipahami dan digunakan, meskipun terdapat beberapa tantangan pada aspek navigasi awal. Dengan pendekatan berbasis pengguna, aplikasi SapaBali diharapkan dapat berkontribusi terhadap pelestarian bahasa Bali melalui pengalaman pengguna yang optimal.


Keywords


Design Thinking; Mobile Application; Translation Application; User Interface; User Experience

Full Text:

PDF

References


I. A. I. Adhiti, G. S. Artajaya, and I. A. P. Pidada, “Pemberdayaan Bahasa, Sastra, Dan Aksara Bali Terhadap Penyuluh Bahasa Bali,” Widyadari, vol. 22, no. 2, pp. 562–571, 2021.

I. P. R. P. Putra and H. Tolle, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Bali berbasis Android menggunakan MVVM Architecture dan Jetpack Compose,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 5, pp. 2205–2214, 2023.

T. Nurhuda, I. D. A. A. Y. U. P. Purnami, I. W. G. Wisnu, and I. M. Joniarta, “Digitalisasi Budaya Bali: Media AR sebagai Bentuk Revitalisasi Aksara Bali,” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, vol. 4, no. 4, pp. 583–591, 2024.

M. A. H. Bin Azhar, T. Islam, and J. Marczak, “Breaking Barriers: A Novel Framework to Evaluate Usability of Accessibility Applications,” in 36th International BCS Human-Computer Interaction Conference, 2023.

Widnyana, I. K. A. C., & Widiartha, I. M. (2024). Implementasi Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Wisata Bali. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasnya, 2(3), 583–590. https://doi.org/10.24843/JNATIA.2024.v02.i03.p1.

A. I. Pratiwi and S. Rani, “Implementasi metode design thinking dalam perancangan UI/UX aplikasi itinerary wisata,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 3, no. 6, pp. 249–258, 2023.

L. O. Sahidin et al., “Pelestarian Bahasa Daerah Berbasis Literasi Digital Bagi Masyarakat Desa La,” Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, pp. 245–252, 2023.

Wulandari, S. A., & Sari, D. A. P. (2022). Media Pembelajaran Digital Bahasa Sunda untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Daerah, 5(1), 35–42.

Sugiartha, I. M., & Yuliandari, N. L. P. S. (2020). Pengembangan Aplikasi Kamus Digital Bahasa Bali Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati, 8(2), 88–96. https://doi.org/10.24843/MERPATI.2020.v08.i02.p04

R. P. Savira and A. G. Persada, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia,” INFORMATIKA, vol. 15, no. 1, pp. 32–43, 2023.

A. Peter and C. Moniaga, “Design Thinking Implementation in Tourism Map,” in CONVASH 2019: Proceedings of the 1st Conference of Visual Art, Design, and Social Humanities by Faculty of Art and Design, CONVASH 2019, 2 November 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia, European Alliance for Innovation, 2020, p. 271.

R. Dafitri and I. Sukoco, “Design Thinking Model in Clever Think Application Design,” IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), vol. 5, no. 5, pp. 920–924, 2022.

Z. Meidani et al., “Development and testing requirements for an integrated maternal and child health information system in Iran: a design thinking case study,” Methods Inf Med, vol. 61, no. S 02, pp. e64–e72, 2022.

Ü. Avcı and H. Yıldız Durak, “Pair or Group‐Design Activities: The Effect of Design Activities on Problem‐Solving, Design Thinking Disposition, and Design Thinking Traits,” Psychol Sch, vol. 62, no. 3, pp. 834–852, 2025.

W. Suauthai, K. Huayhongthong, W. Thavornwattanayong, K. Chaiyakittisopon, and J. Lertsirimunkong, “Health innovation development by using design thinking in pharmacy,” Siriraj Med J, vol. 74, no. 6, pp. 401–408, 2022.

C. DeClercq and S. Gretter, “Design Thinking in the Executive MBA”.

B. Huda et al., “Implementation of UI/UX the Design Thinking Approach Method In Inventory Information System,” in E3S Web of Conferences, EDP Sciences, 2023, p. 02005.

I. L. Khasanah and H. Kurnia, “Melestarikan Budaya Banyumasan Melalui Dialek Bahasa Ngapak,” Kulturistik: Jurnal Ilmu Bahasa dan Budaya, vol. 7, no. 2, pp. 43–53, 2023.

A. G. Pawestri et al., “Membangun identitas budaya banyumasan melalui dialek ngapak di media sosial,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 19, no. 2, pp. 255–266, 2020.

Gunawan, J., Tan, M., & Chua, Y. (2023). What Evidence is Needed to Prove the Existence of Dark Patterns? CHI Workshop on Dark Patterns, 1–6 https://johannagunawan.com/assets/pdf/gunawan-2023-chiworkshop.pdfJohanna Gunawan.

S. Prasetyaningsih and W. P. Ramadhani, “Analisa User Experience pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Integrasi, vol. 13, no. 2, pp. 147–157, 2021.

M. A. Kushendriawan, H. B. Santoso, P. O. H. Putra, and M. Schrepp, “Evaluating user experience of a mobile health application halodoc using user experience questionnaire and usability testing,” Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), vol. 17, no. 1, pp. 58–71, 2021.

T. S. F. Rahayu and M. F. Aransyah, “Analysis of qris user experience using the user experience questionnaire (ueq) method,” Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), vol. 8, no. 1, pp. 31–38, 2023.

D. Novianti, “Redesign User Interface Website Universitas Bina Sarana Informatika Menggunakan Metode Design Thinking Dan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, 2024.

Novitasari, D., & Kurniawan, A. (2020). Evaluasi User Experience pada Aplikasi E- Learning Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(2), 45–52.

Aminurdin, A., Wahyuni, S., & Prasetyo, H. (2023). Evaluasi dan Perancangan Ulang User Interface dan User Experience pada Aplikasi JHC Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.25134/digibe.v3i.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v9i2.20696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter