Implementasi Metode WebQual 4.0 dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Website AIS Universitas Mulawarman

Rosmasari Rosmasari

Abstract


Universitas Mulawarman (Unmul) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Unmul memiliki portal akademik berbentuk aplikasi web yang dapat diakses oleh civitas akademik yang ada di Unmul. Unmul memilki Sistem Informasi Akademik (SIA) yang beralih menjadi Academic Integrated System (AIS). Selama penerapan AIS belum ada yang melakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan Mahasiswa terhadap layanan website AIS secara menyeluruh dari berbagai aspek dan perspektif pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan website akademik AIS Unmul, serta kualitas layanan website dari perspektif pengguna. Penelitian ini menggunakan 100 kuesioner dengan variabel penelitian menggunakan metode webqual 4.0 yang terdiri dari usability, information quality, service interaction quality dan untuk analisis data digunakan metode customer satisfaction index. Metode webqual 4.0 bertujuan mengetahui valid, reliabel nya data dan mengetahui persepsi responden, untuk tingkat kinerja yang memilih sangat tidak setuju sebesar 4%, tidak setuju sebesar 12%, cukup setuju 38%, setuju sebesar 38% dan sangat setuju sebesar 9%, atau bisa dikatakan cukup puas terhadap kualitas layanan website AIS Universitas Mulawarman, sedangkan untuk persepsi responden pada tingkat kepentingan yang memilih sangat tidak penting sebesar 0%, tidak penting sebesar 0%, cukup penting sebesar 10%, penting 58%, dan untuk sangat penting 58%. Metode customer satisfaction index bertujuan untuk mengetahui tingkat keseluruhan baik tingkat kesesuaian, antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna secara menyeluruh. Dari hasil perhitungan CSI didapatkan 67,33% puas dikarenakan skor yang berada pada rentang 66% sampai dengan 80,99% puas, hasil uji kesesuaian antara tingkat kinerja dengan nilai tingkat kepentingan didapatkan dari ke tiga variabel sebesar 80% dan dari ke tiga variabel ini perlu ada perbaikan, variabel usability terutama kemudahan akses website AIS, variabel information quality, prioritas perbaikan adalah menyajikan informasi yang lengkap dan terperinci. Variabel service interaction quality perbaikan diperlukan untuk meningkatkan reputasi website dengan memperbaiki kinerja.

Keywords


Kualitas Layanan; Webqual 4.0; Customer Satisfaction Index; Uji Kesesuaian; Website;

Full Text:

PDF

References


Angeline, Desy, and Charitas Fibriani. 2021. “Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM.” Journal of Information Systems and Informatics 3(2):456–66.

Fahredy, Deo, Muriani Emelda Isharyani, and Theresia Amelia Pawitra. 2023. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) Dengan Metode WEBQUAL.” Jurnal Teknik Industri (JATRI) 1(1):29–40. doi: 10.30872/jatri.v1i1.490.

Fauzan Ahnaf, Muhammad, Hanifah Muslimah Az-Zahra, and Widhy Hayuhardhika Nugraha. 2019. “Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance and Performance Analysis (IPA).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 3(6):5817–24.

Hidayat, Luqman, and Yuni Puspita Sari. 2023. “E- Survei Kepuasaan Pengguna Pada Program Studi Teknik Informatika Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ).”

drajaya, Drajat. 2018. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index Pada UKM Gallery.” Jurnal IKRA-ITH Teknologi 2(3):1– 6.

Karima, Halim Qista, Dina Rachmawaty, and Encep Fauzi Sidik. 2022. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kedai Kopi X Di Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal Teknik Industri 1(2):94. doi: 10.30659/jurti.1.2.94-102.

Kinanti, Nanda, Amelia Putri1, and Aries Dwi. 2021. “Penerapan PIECES Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) Pada Universitas Negeri Surabaya.” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 2(2):78–84.

Kurniyado, I., and R. Amalia. 2022. “Analisis Kualitas Layanan Website Sistem Informasi Akademik Universitas PGRI Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Bina Darma Conference on … 4(1):410–17.

Mulyo Sanusi, Widodo, and Sutopo Joko. 2018. “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E- Commerce Model Business to Customer.” Jurnal Informatika Upgris 4(1):38–45.

Mutiawati, Cut, Lulusi Lulusi, and Suci Lestari. 2021. “Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Pelayanan Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi).” Jurnal Teknik Sipil 10(1):55–63. doi: 10.24815/jts.v10i1.21076.

Nuriyana, Ayu, and Adi Hermawansyah. 2022. “Penerapan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kepuasan Layanan Pengiriman Barang Pada Aplikasi Shopee Indonesia.” Jurnal Impresi Indonesia 1(4):414–24. doi: 10.36418/jii.v1i4.58.

Prastiti, Novi, Meidya Koeshardianto, and Reyna Apriliana. 2021. “Pengukuran Kualitas Website Akademik Menggunakan WebQual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA) Untuk Meningkatkan Layanan Pengguna.” Jurnal Simantec 10(1):9–16.

Rahmani, Safira Nur. 2018. “Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis (Ipa).” Computers and Industrial Engineering 2(January):6.

Rahmatullah, Syaifur, Dini Silvi Purnia, and Rizky Triasmoro. 2019. “Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School Dengan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Kajian Ilmiah 19(2):158–64.

Saputro, Kurniawan Eko. 2022. “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Dengan Metode WebQual 4.0, Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terpadu.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 9(3):2112–26. doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2355.

Siregar, Eben Haezer, Dwi Januarita, and Citra Wiguna.2021. “Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Akademik IGRACIAS Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan IPA.” Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen 9(2).

Siswanto, Eko, and Edwin Zusrony. 2019. “Analisis Persepsi User Satisfaction Sistem Informasi Akademik ( Siakad ).” Jurnal Media Aplikom 11(2):32–44.

Sketsa Unmul. 2023a. “Berbagai Fitur AIS Belum Maksimal, WR Akademik: Masih Terus Kami Kerjakan.” Sketsa Unmul. Retrieved (https://www.sketsaunmul.co/berita- kampus/berbagai-fitur-ais-belum-maksimal-wr- akademik-masih-terus-kami-kerjakan/baca).

Sketsa Unmul. 2023b. “Berbagai Fitur AIS Belum Maksimal, WR Akademik: Masih Terus Kami Kerjakan.” Sketsa Unmul. Retrieved (https://www.sketsaunmul.co/berita- kampus/berbagai-fitur-ais-belum-maksimal-wr- akademik-masih-terus-kami-kerjakan/baca).

Sudarto, Sufarnap Erlanie, Djoni, Marpaung, Sophya Hadini. 2020. “Implementasi Metode Webqual 4.0 Dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengukur Kualitas Website E-Commerce.” 64–71.

Syakuron, Fadhlan Diyan, Fajar Sidiq Adi Prabowo, and Achmad Manshur Ali Suyanto. 2022. “Penerapan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Kualitas Pelayanan Puskesmas Cipayung Kota Depok.” E-Proceeding of Management 9(2):307–13.

Wisanggeni, Pandu Desta, Amna Hartiati, and Cokorda Anom Bayu Sadyasmara. 2020. “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Di ‘Waroeng Kampoeng’ Jimbaran Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Potential Gain Customer Value (PGCV).” Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri 8(4):535. doi: 10.24843/jrma.2020.v08.i04.p06.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v19i2.17781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.