Assertive Behavior in Classical Counseling Guidance Services to Improve Adolescent Social Skills
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi menggali secara mendalam bagaimana model intervensi dapat disesuaikan kebutuhan spesifik remaja dengan berbagai budaya dan sosial. Tujuan memberikan kontribusi signifikan bagi bidang pendidikan dan psikologi perkembangan, khususnya dalam upaya meningkatkan keterampilan sosial remaja melalui penerapan perilaku asertif dalam layanan bimbingan konseling klasikal. Metode Penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Lokasi penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMPIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau yang beralamatkan di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Jogoboyo Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian didapatkan bahwa perilaku asertif merupakan elemen penting dalam pengembangan komunikasi efektif dan hubungan sosial yang sehat di kalangan siswa. Layanan bimbingan konseling klasikal, siswa dilatih untuk menguasai berbagai aspek asertivitas, yaitu permintaan, penolakan, pengekspresian diri, pujian, dan berperan dalam pembicaraan. Pengembangan keterampilan asertif melalui layanan bimbingan konseling klasikal memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis, keterampilan komunikasi, dan hubungan sosial siswa. Siswa tidak hanya mengalami peningkatan dalam aspek kepercayaan diri sebagai individu, tetapi juga mampu memberikan kontribusi yang signifikan dan bermakna dalam meningkatkan keterampilan sosial di lingkungan sekolah. Penguasaan keterampilan sosial dengan empati, kerjasama, komunikasi verbal dan non-verbal, serta kemampuan untuk menyelesaikan konflik secara konstruktif dapat menciptakan lingkungan social yang inklusif, kolaboratif, dan mendukung proses pembelajaran bersama.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Abidin, Z. (2011). Pengaruh pelatihan resiliensi terhadap perilaku asertif pada remaja. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 4(2), 129–136.
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. new harbinger publications.
Anuar, A. Bin, Fahmi, A., Edison, E., & Samsaifil, S. (2024). Efektivitas Assertive Training Sebagai Strategi Transformatif Terhadap Self-Confidence Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(2), 367. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i2.17562
Ardaningrum, D. Z., & Savira, S. I. (2022). Hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif mahasiswa selama masa pandemi. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 107–120.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. CV Abe Kreatifindo.
Cahyati, W., Zaelani, P. I., & Dianti, D. (2021). Komunikasi Rukun Tetangga Dan Rukun Warga Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Saat Pandemi Covid-19. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi), 2(2), 142–151.
Farooq, H., Farrukh, H., & khan, Z. (2023). The Influence of Social Media on Adolescents’ Self-Esteem. Qlantic Journal of Social Sciences and Humanities, 4, 173–182. https://doi.org/10.55737/qjssh.413440589
Fredrickson, B. L. (2013). Positive emotions broaden and build. In Advances in experimental social psychology (Vol. 47, pp. 1–53). Elsevier.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional), terjemahan T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hanifah, A., Saripah, I., & Nadhira, N. A. (2023). Peran Perilaku Asertif terhadap Keterampilan Berkomunikasi Remaja. https://doi.org/10.19105/ec.v1i1.1808
Iranty, D., Nawira, A., Riono, A. A., Berutu, M., Murdiana, L., Daini, R., Azizia, S., Safarina, N. A., & Pratama, M. F. J. (2024). Mengembangkan Perilaku Asertif: Melindungi Diri Dari Kekerasan Langsung Dengan Sikap Tegas Dan Berani. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(5), 1697–1702.
Jandhyala, S. (2024). Everyday Assertiveness and Its Significance for Overall Mental Well-Being. Universal Journal of Public Health. https://doi.org/10.13189/ujph.2024.120208
Kartika, Y. D., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X SMA di Kota Kisaran. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 348–358.
Khamidah, A., & Yulia, N. K. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 3(1), 8–17.
Maisyaroh, S., & Astuti, A. D. (2024). Penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(1), 11–26.
Makati, C., & Reyhan, E. (2024). Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental Melaui Kampanye Online# Endthestigma Dalam Mengurangi Diskriminasi. Jurnal Kajian Komputasi Inovatif, 15(12).
Moirangthem, B. H., & Sumita. (2023). A Study to Assess the Effectiveness of Assertive Training Programme on Knowledge regarding Prevention of Sexual abuse among Adolescent Girls in Selected Schools at Guwahati. International Journal of Science and Research. https://doi.org/10.21275/mr23415112445
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung. Pariwisata Pedesaan Sebagai Alternatif Pembangunan Berkelanjutan (Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi) Yogyakarta.
Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis kelebihan dan kekurangan model discovery learning berbasis audiovisual dalam pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Mukti, F. D. W. (2019). Kenakalan remaja (juvenile delinquency): sebuah studi kasus pada remaja laki-laki yang terjerat kasus hukum. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(01).
Muliani, N. (2017). Penerapan Terapi Keterampilan Sosial Dan Cognitive Behaviour Therapy Pada Klien Isolasi Sosial Dan Halusinasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(2), 83–90.
Muthohharoh, M. (2016). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(2).
Naqiyah, N. (2021). Konseling Komunitas: Bimbingan dan Konseling Komunitas Untuk Meningkatkan Potensi Anak dan Remaja. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam konteks global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Palmer, P., & Froehner, A. (2002). Harga diri remaja: penuntun menumbuhkan harga diri bagi remaja. Alih Bahasa: ishak susanto. Jakarta. Gramedia.
Pardon, K., Kuusisto, A., & Uusitalo, L. (2023). Teaching Kindness and Compassion: An Exploratory Intervention Study to Support Young Children’s Prosocial Skills in an Inclusive ECEC Setting. Neveléstudomány. https://doi.org/10.3390/educsci13111148
Praekanata, I. W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., Dharmayanti, P. A., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Berbasis Pendekatan Holistik: Integrasi Teori, Model, dan Teknik untuk Mendukung Kesejahteraan Siswa. Nilacakra.
Putri, S. D., Marjohan, M., Firman, F., & Sukma, D. (2023). Improving Interpersonal Communication Skills through Group Guidance with Assertive Training Techniques. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i4.989
Quraini, N. U., & Fatmawanti, Z. N. (2024). Transforming Bullying Prevention Through Assertive Communication Training. Indonesian Journal of Cultural and Community Development. https://doi.org/10.21070/ijccd.v15i3.1082
Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. Asadel Liamsindo Teknologi.
Rizki, K., Sukarti, S., & Uyun, Q. (2015). Pelatihan asertivitas terhadap penurunan kecemasan sosial pada siswa korban bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 200–214.
Salau, T., Keo, G. D., Labre, B., & Fanggitasik, D. D. (2023). Pelatihan Asertif Bagi Remaja: Upaya Preventif Tindakan Kekerasan di Sekolah. Warta LPM, 453–461.
Sapruddin, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Menyontek, Penyebab, dan Solusinya Melalui Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi Kelompok Homeroom Di SMA Negeri 1 Madapangga Kelas XI IPA-1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 26–39.
Sulianta, F. (2024). Teknik Presentasi & Interpersonal Skills. Feri Sulianta.
Sumanto, M. A. (2014). Psikologi perkembangan. Media Pressindo.
Sundari, S., Silalahi, V. A. J. M., & Siahaan, R. S. (2024). Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Harmoni dan Produktivitas di Tempat Kerja. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 419–438.
Toron, V. B. (2024). Pendidikan Karakter. CV. Ruang Tentor.
Verba, B., & Vu, P. (2024). Kindness in the Classroom: Evaluating the Impact of Direct Kindness Instruction on School and Emotional Outcomes in Second-Grade Students. The Canadian Journal of Action Research, 24(3), 54–70. https://doi.org/10.33524/cjar.v24i3.697
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i2.19287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Umar Diharja, Rini Sugiarti, Erwin Erlangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id