Psikodrama: Budaya Kalimantan Timur Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Gen Milenial
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acharya. A. S. 2013. Sampling: Why and How of it? Indian Journal of Medical Specialities. 4(2): 330-333.
Agustin, D.S.Y. 2011. Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Glob-alisasi. Jurnal Sosial Humaniora. 4(2): 177-185.
Ali. M, dan Asrori. M. 2006. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: Umm Press.
Anwar, A. 2009. Statistika Untuk Penelitian Pendidi-kan. Kediri: IAIT Press.
Azizah. 2013. Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Is-lam. 4(2): 295-316.
Azwar, S. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogya-karta: Pustaka Pelajar.
Baim. C dan Chimera. C. 2010. Introduction to Psy-chodrama. Cambridge, England: Workshop for IASA Conference. Bungin, B. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Ja-karta: Kencana.
Chaplin. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Damanik. A. S. K. 2015. Psikodrama Untuk Menurunkan Tingkat Stres Pada Siswa Aksel-erasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 3(2): 325-342.
Desmita, R. 2008. Psikologi Perkembangan. Ban-dung: PT. Remaja Rosdakarya.
Efendi, A. 2014. Implementasi Kearifan Budaya Lo-kal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Se-bagai Sumber Pembelajaran Ips. Jurnal Sosio Didaktia. 1(2): 211-218.
Gustini, N. 2016. Budaya Literasi: Model Pengem-bangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya. Yogyakarta: Deepublish.
Hadi, S. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Harefa, A.O. 2013. Penerapan Teori Pembelajaran Ausubel Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. Edisi 36: 43-55.
Hindaryatiningsih, N. 2016. Model Proses Pewarisan Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Tradisi Masyarakat Buton. Jurnal Sosiohumaniora. 18(2): 108-115.
Hurlock. E. B. 2012. Developmental Psychology A. Life-Span Approach. Diterjemahkan: Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Jonaidi, A. 2012. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi. 1(1): 140-164.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Lit-erasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta.
Kipper, D., dan Roosevelt, U. 2003. The Effective-ness of Psychodramatic Techniques: A Meta-Analysis. Jurnal of Group Dynamics: Theory, Research, and Practice. 7(1): 13-25.
Krori. S. D. 2011. Developmental Psychology. Ho-meopathic Journal. 4(3): 420. Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: Uni-versitas Muhammadiyah Malang Press.
Mappiare, A. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Ter-api. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mubah, A.S. 2011. Strategi Meningkatkan Daya Ta-han Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik. 24(4): 302-308. Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nahar, N.I. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavior-istik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial). Vol. 1: 64-74.
Putro. K. Z. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17(1): 25-32.
Paramitasari, R dan Alfian, I.N. 2012. Hubungan An-tara Kematangan Emosi Dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 1(2): 1-7
Riwidikdo. H. 2008. Statistik Kesehatan. Yogya-karta: Mitra Cendikia.
Romlah. T. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Ke-lompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Safitri, M., Respati, W. N dan Luthfi, A. 2017. Model Konseling Psikodrama dan Hipnoterapi Untuk Meningkatkan Potensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Widya Eksakta. 1(1): 48-55.
Santoso, S. 2015. SPSS 20 Pengolahan Data Statistik Era Informasi. Jakarta: PT. Alex Media Kompu-tindo.
Sarwono. S. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Ra-jagrafindo Persada.
Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Siagian, Dergibson, dan Sugiarto. 2002. Metode Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Siregar. T. S. 2015. Efektivitas Metode Psikodrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 STABAT. Jurnal Edukasi Kultura. 2(2): 115-126.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhari. Y. 2008. Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 13(2): 140-146.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Sumarni. 2015. Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Da-lam Mensosialisasikan Program Visit East Kali-mantan 2014. Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(3): 322-331.
Suragangga, I. M. N. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penja-minan Mutu. 3(2): 154-163.
Syam, H.M. 2015. Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(1): 54-70.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Β |
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal PsikologiΒ PublishedΒ by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan andΒ This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Β _________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id