Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Terkait Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada Guru TK Inklusi ‘X’ Denpasar
Abstract
To reach their full potential, children with special needs require special education and related services. One of educational services that are currently still a challenge is inclusive education services. Particularly in Indonesia, the implementation of inclusive schools has not gone well or in accordance with relevant theories and principles. Constraints were faced such as the limited number of special education teachers and infrastructure. This study aims to increase kindergarten teachers’ understanding of special needs and educational services for them, namely inclusive education. It is hoped that with adequate understanding, teachers can carry out inclusive education optimally. The study used an action research design with lecture methods, video screenings, discussions, and questions and answers. Evaluation using pre-test and post-test values tested using Wilcoxon. The significance level is 0.018 (p<0.05), indicating that there is a statistically significant difference between teachers’ comprehension before and after receiving psychoeducation. The result shows that psychoeducation can improve kindergarten teachers’ understanding of special needs and educational services for special needs students.
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) membutuhkan pendidikan khusus dan pelayanan terkait, untuk mencapai potensinya secara maksimal. Salah satu layanan pendidikan yang saat ini masih merupakan suatu tantangan ialah layanan pendidikan inklusif. Pelaksanaan sekolah inklusif khususnya di Indonesia belum berjalan dengan optimal atau belum sesuai dengan konsep dan pedoman yang berlaku. Kendala yang dihadapi seperti terbatasnya guru berlatar belakang pendidikan luar biasa dan keterbatasan sarana prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru TK terkait ABK dan layanan pendidikan untuk ABK yaitu pendidikan inklusif. Sehingga diharapkan dengan pemahaman yang memadai guru dapat melaksanakan pendidikan inklusif dengan optimal. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan dengan metode ceramah, pemutaran video, diskusi, dan tanya jawab. Evaluasi menggunakan pre-test post-test kemudian diuji menggunakan uji Wilcoxon. Angka signifikansi adalah 0.018 (p<0.05) yang dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman guru TK inklusi sebelum diberikan psikoedukasi dan setelah diberikan psikoedukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikoedukasi dapat meningkatkan pemahaman terkait ABK dan layanan pendidikan bagi ABK pada guru TK inklusif.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019
Coghlan, D., Brydon-Miller, M., Friedman Emek, V. J., College, Y., Greenwood, D. J., Sankaran, S., Dick, B., Flicker, S., Gaya, P., Guhathakurta, M., Hall, B., Jaitli, N., Tandon, R., & Zhao, J. (2017). The SAGE Encyclopedia of Action Research. Sage Publications.
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Hartati, S. (2017). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 188–197.
Hornby, G. (2014). Inclusive Special Education. In Inclusive Special Education. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-1483-8
Iman, N., & Endariani, A. (2021). Pendidikan Inklusi : Peran TK Sharma Wanita Wawasan Dalam Memberikan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(10), 8.
Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Diversita, 6(1), 20–27. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582
Khoyimah, A. N., Khasanah, A., & Kultsum, U. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi di TK Desa Mranggen 01 Sukoharjo. Academica, 3(2), 291–302.
Laili, N., Fahmawati, Z. N., & Wachidah, K. (2022). Psikoedukasi: Identifikasi Karakteristik, Ciri Perilaku, dan Potensi Istimewa Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB ‘Aisyiyah Porong. Procedia of Sciences and Humanities, 1281–1285.
Madyawati, L., & Zubaidi, H. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 1–13.
Mularsih, H. (2019). Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Negeri Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 94. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3600
Natalia, O. D., Sahrani, R., & Mularsih, H. (2022). Efektivitas psikoedukasi berbasis experiential learning dalam meningkatkan pemahaman manajemen kelas guru sd. 6(1), 207–214.
Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, & Widiyono, A. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JOTE, 3(3), 345–353.
Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 237–242.
Pullen, H. K. (2014). Exceptional Learners : An Introduction to Special Education (12th edition). In Pearson Education Limited.
Rofiah, N. H., Sudiraharja, D., & Ediyanto, E. (2020). The Implementation Inclusive Education: Implication for Children With Special Needs in Tamansari Elementary School in Yogyakarta. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(1), 82. https://doi.org/10.12928/ijemi.v1i1.1517
Safitri, D. R. (2014). Summary for Policymakers. In Climate Change 2013 – The Physical Science Basis (pp. 1–30). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sari, C. N., & Hendriani, W. (2021). Hambatan pendidikan inklusi dan bagaimana mengatasinya: Telaah kritis sistematis dari berbagai negara. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 97. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.14154
Saswira, P. L., & Rahmi, T. (2017). Efektivitas pelatihan be good teacher on inclusive dalam meningkatkan kemampuan Identifikasi abk. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi ), 57–67.
Shroff, A. (2022). A Brief Online Preventive Psychoeducation Intervention Programme for 12-15- Year-Old School Students. June, 0–132. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18008.98561
Sukadari, H. (2019). Model pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam setting pendidikan inklusi (L. T. Utami (ed.)). Kanwa.
Sulistyadi, H. K. (2014). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(1), 1–10.
Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi pada tingkat sd. Humanitas, 13(1), 50–61.
Widiastuti, M., & Wijaya, Y. D. (2022). Bagaimana psikoedukasi dapat meningkatkan sikap guru terhadap anak berkebutuhan khusus? Motiva, 5(1), 1–7.
Windarsih, C. A., Jumiantin, D., Efrizal, Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi pendidikan anak usia dini inklusif dikota cimahi jawa barat. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 7–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.8318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Psikostudia : Jurnal Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id