Analisis Perkerasan Lentur dengan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan desain perkerasan lentur berdasarkan Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) 2017 dan 2024 dengan studi kasus pada jalan akses menuju Bandara APT. Pranoto Samarinda. Data yang digunakan meliputi CBR hasil uji DCP lapangan serta lalu lintas harian rata-rata yang diolah menjadi nilai CESAL. Analisis dilakukan untuk menentukan kebutuhan tebal lapis perkerasan serta perbaikan tanah dasar sesuai pedoman masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pedoman menggunakan parameter dasar yang sama, yaitu nilai faktor pengali pertumbuhan lalu lintas (R) dan nilai CBR desain, namun menghasilkan perbedaan pada ketentuan tebal lapis perkerasan serta fondasi minimum. Perbedaan ini disebabkan oleh adanya pembaruan nilai Vehicle Damage Factor (VDF), klasifikasi CESAL, serta persyaratan perbaikan tanah dasar. Secara umum, MDPJ 2024 memberikan hasil desain dengan ketebalan perkerasan yang relatif lebih bervariasi dan memperhatikan kondisi tanah ekspansif serta tanah lunak dengan lebih rinci. Hal ini menandakan bahwa MDPJ 2024 lebih adaptif terhadap kondisi eksisting lapangan dan perkembangan lalu lintas, sehingga lebih representatif digunakan sebagai acuan desain.
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S., Alkas, M. J., & Budiman, E. (2022). Analisa Perbandingan Tebal Lapis Perkerasan Jalan Lentur Antara Metode Analisa Komponen SKBI 1987 dan Metode Manual Desain Jalan Lentur Bina Marga 2017. Kurva S : Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Sipil, 10(3), 159. https://doi.org/10.31293/teknikd.v10i3.6847
Angelia Safitra Theo Sendow, P. K., & Pandey, S. V. (2019). ANALISA PENGARUH BEBAN BERLEBIH TERHADAP UMUR RENCANA JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN MANADO-BITUNG). Jurnal Sipil Statik, 7(3), 319–328.
Anisarida, A. A., Hafudiansyah, E., & Kurniawan, E. (2020). PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN RUAS JALAN A DI KABUPATEN LEBAK. JURNAL TEKNIK SIPIL CENDEKIA (JTSC), 1(1), 1–14.
Annisa Pradaya Widyastuti. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN DESAIN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE EMPIRIS DAN METODE MEKANISTIK EMPIRIS PADA RUAS JALAN LEGUNDI-KANIGOROPLANJAN. Universitas Islam Indonesia.
Bina Marga. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017). Direktorat Jendral Bina Marga.
Bina Marga. (2020). Suplemen Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Direktorat Jendral Bina Marga.
Bina Marga. (2024). Manual Desain Perkerasan Jalan 2024. Direktorat Jendral Bina Marga.
Cynthia, C., Theo, S., & Mecky Manoppo. (2019). Analisa Tebal Perkerasan Lentur Jalan Baru Dengan Metode Bina Marga 2017 Dibandingkan Metode AASHTO 1993. Jurnal Sipil Statik, 7, 1303–1316.
Hary Christady Hardiyatmo. (2019). Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Gadjah Mada University Press.
Sabdono, Y. M., Maria, K., & Ridwan, M. (2017). Analisis Penentuan Jenis Perkerasan pada Perencanaan Jalan Menggunakan MDPJ 2017 (Study Kasus Jalan Tarumanagara City). Journal Of Social Science Research, 3(3), 6088–6102.
Samban, T. R., Alkas, M. J., & Haryanto, B. (2022). Analisa Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode MDP 2017 dan Austroads 2017 Pada Simpang 4 Outer Ringroads-Bandara Samarinda Baru Samarinda, Kalimantan Timur. Kurva S: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Sipil, 10(3), 147–158.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Fakultas Teknik
Universitas Mulawarman
Jalan Sambaliung No. 9 Sempaja Selatan
Kec. Sempaja, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Kode Post. 75117
