Analisis Penguatan Disiplin Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Pangkalpinang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendesripsikan penguatan disiplin siswa kelas IV SD Negeri 03 Pangkalpinang dan mendeskripsikan persepsi setelah dilaksanakan disiplin siswa kelas IV SD Negeri 03 Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitataif dengan teknik pengumpulan data yaitu triangulasi data (observasi, partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas IV SD Negeri Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi penguatan disiplin siswa yang dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan berupa fenomena nyata dalam rancangan membuat kesepakatan bersama dengan siswa mengenai disiplin kelas, tahap pelaksanaan berupa aksi dalam mengimplementasikan disiplin siswa dikelas sesuai dengan norma yang telah disepakati, tahap hasil pengamatan dengan pengamatan selama pelaksanaan dari awal sampai akhir penegakan disiplin kelas, dan tahap refleksi dengan menilai bagaimana ciri khas guru dalam mengkoordinir kelas dan timbal baliknya terhadap siswa. Dan kendala yang ditemukan berupa bentuk implementasi kedisiplinan siswa terhadap penguatan dari guru dan tanggung jawab orang tua dalam menyetujui segala peraturan.
Keywords
Penguatan; Disiplin; Siswa
DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i4.11333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.