Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Festival Mahakam Kota Samarinda
Abstract
Bauran promosi sangat penting dalam menyelenggarakan suatu kegiatan yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, humas dan publisitas serta pemasaran langsung. Festival yang masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia pada tahun 2018 adalah Festival Mahakam, merupakan salah satu acara tahunan utama di Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh signifikan bauran promosi terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda dan 3 lokasi tempat diselenggarakan FESMA 2022 yaitu Taman Bebaya, GOR Segiri dan Sepanjang Tepian Sungai Mahakam dengan jumlah sampel 100 pengunjung. Alat uji yang digunakan untuk menguji istrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji F, uji T dan dominan, sedangkan untuk mnganalisis data digunakan Regresi Linier Sederhana. Perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 22. Dari hasil penelitian dapat diketahui variabel bauran promosi secara stimultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hal ini dibuktikan bahwa bauran promosi memiliki nilai sebesar Cronbach's Alpha sebesar = 0,944 > 0,60 dan variabel bauran promosi adalah 55,4% yang didapatkan dari nilai koefisien determinasi.Saran untuk pihak penyelenggara adalah melakukan periklanan yang lebih luas lagi agar tidak hanya masyarakat Kota Samarinda saja yang mengunjungi acara Festival Mahakam selanjutnya.
Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i4.11676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.