Dampak Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, dan Tarif Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Penanggungan Kota Kediri

Mohammad Novito Reraldi, Karari Budi Prasasti, Taufik Akbar

Abstract


Dampak yang diberikan oleh variabel bebas yakni kualitas pelayanan, ketepatan waktu, dan tarif pengiriman terhadap variabel tetap yakni kepuasaan yang dilakukan oleh pelanggan J&T Express Cabang Penanggungan. Kuantitatif merupakan metode yang digunakan dan Purposive Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang digunaka, sedangkan untuk kriteria dari sampel yang digunakan adalah konsumen yang telah menggunakan layanan dari J&T Express Cabang Penanggungan lebih dari satu kali sejumlah 140 responden melalui kuisioner yang dilakukan secara online. Sebelum melakukan uji hipotesis peneliti menggunakan beberapa pengujian terlebih dahulu seperti uji validitas dan uji reliabilitas pada setiap butir pernyataan yang digunakan, serta melakukan uji asumsi klasik untuk meninjau apakah variabel – variabel yang digunakan layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Kualitas pelayanan dan tarif pengiriman memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, akan tetapi berbeda dengan ketepatan waktu yang berpengaruh akan tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan ketika disimultankan ketiga variabel ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan J&T Express Cabang Penanggungan


Keywords


Kualitas Pelayanan; Ketepatan Waktu; Tarif Pengiriman;Kepuasan Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda). E-Journal Administrasi Bisnis, 3(1), 224-258.

Atmoko, P. T. (2022). The Effect of Timeliness of Delivery and Price on Consumer Satisfaction at Ninja Xpress Sampit. Keizai, 3(2), 93–104. http://jurnal.unda. ac .id/index.p hp/KEIZAI/index

Bahrun, K., & Putra, K. G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE. Journal Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 278–293.

Diky Purba Winata, & Adiel Kusuma Anugrah. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Ritel Erablue Di Tangerang. MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 1(6), 126–136. https://doi.org/10.61132/menawan.v1i6.75

Durahman, S. P. (2020). Pengaruh promosi dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada galeri elzatta di balikpapan. Ejournal Administrasi Bisnis, 8(3), 233-241.

Fandy Tjiptono, G. C. (2016). Service Quality dan Satisfaction. Andi.

Farisi, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan (O-Ranger Mobile), Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1858

Ghazali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafizha, S., Abdurrahman, & Sri Nuryani, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.266

Hair et.al. (2018). Multivariate Data Analysis (Eighth Edi). Anabel Ainscow.

Huda, T., Nuringwahyu, S., & Chanafi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Menggunakan Kuesioner. Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan J&T Grati Pasuruan, 14(3), 85–92. https://jim.unis ma.ac.id/index.p hp/jiagabi/article/view/21793

J&T Express. (2025). J&T Express Indonesia. https://jet.co.id/

Juniariska, S. (2020). e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Pos Indonesia (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Pos Indonesia Cabang Gempol). 143–156. www.fe.unisma.ac.id

Keller, K. (2013). Management & Marketing. In Journal of Clinical Orthodontics (Vol. 58, Issue 1).

Luffi, M. I., & Widyawati, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Keagenan Pengurusan Surat Persetujuan Berlayar (Spb) Di Pt. Bahtera Setia Gresik. 1–40.

Nasihah, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Kebumen (Studi Kasus Pelanggan J&T Express Kebumen). E-JRM: Elektronik Jurnal …, 1–8. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6890

Sanjoyo, A. T. (2020). Analisis Pengaruh CAR, NIM, NPL, dan LDR terhadap ROA (Studi Kasus pada Bank Umum Persero BUMN Periode 2013-2018). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(4), 290-299.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Journal of Education Reserch, 2(2), 74–81. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer. v2i2.50

Tania, R. (2021). 2939-Article Text-12757-1-10-20210615. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Ekspedisi Lion Parcel Di Batam, 3(2).

Theresia Febronia Mbupu, Yoseph D. P. Rangga, & Magdalena Silawati Samosir. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 449–454. https://doi.org/10.59004/jisma.v1i4.151

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi.

Utomo, W. T., & Putra, F. I. F. S. (2024). Pengaruh Tarif Pengiriman, Kualitas Pelayanan, Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Semarang. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.14 08

Widyadinata, Y., & Toly, A. A. (2014). Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Tax & Accounting Review, 4(1), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i4.22997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.