Analisa Perilaku Konsumen Melalui Data Transaksi Berbasis Pendekatan Market Basket Analysis
Binti Umayah, Fachrul Kurniawan
Abstract
Data transaksi merupakan sekumpulan data hasil pencatatan yang berhubungan dengan kegiatan transaksi jual beli pada sebuah perusahaan.Pada tahun terakhir ini, data transaksi sudah banyak digunakan sebagai bahan penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan informasi baru.Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisis data transaksi yang ada. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang bersifat market basket analysis (MBA). Aplikasi dibangun dengan berbasis desktop, yang didalamnya mampu mengolah serta melakukan pendataan ulang data transaksi yang ada. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah dengan mengikuti tahapan-tahapan yang ada pada teknik data mining. Hasil yang diperoleh dari uji coba yang dilakukan bahwa pembangunan dan penerapan aplikasi MBA dengan metode assocition rule (AR) menggunakan algoritma Apriori dapat berjalan dengan baik. Dengan rata-rata nilai confidence yang diperoleh sebesar 46.69% dan nilai support sebesar 1.78% dan rule yang dihasilkan sebanyak 30 rule.
Keywords
Data mining; Market basket analysis; Association rule; Apriori
DOI:
http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v1i2.2603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.