Public Speaking Training: Optimalisasi Kepercayaan Diri dan Efektivitas Memengaruhi Orang Lain

Aulia Suhesty, Wanda Glory Silalahi, Machlend Scordya Novdiriyanto, Anwar Alaydrus, Resma Yuvita Sari, Agus Ferdinand

Abstract


Pada era globalisasi saat ini, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan sebagai salah satu keterampilan komunikasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri dengan harapan dapat bersaing ditengah tuntutan zaman serta kemajuan dan perkembangan teknologi. Namun, pada kenyataannya masih terdapat mahasiswa yang perlu meningkatkan kemampuan public speaking terlebih ketika dihadapkan dengan banyak orang, hal ini dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri yang rendah. Tujuan pelatihan public speaking ini yaitu setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan dapat meningkatkan kualitas Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman terkait perkembangan rasa percaya diri dalam berkomunikasi di depan orang dengan skala yang besar. Metode pelatihan yang diterapkan berupa Experimental Learning yang berfokus pada kegiatan ceramah, diskusi, dan praktik evaluasi materi. Kegiatan pelatihan public speaking ini diterapkan kepada Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis (HIMABISNIS) Universitas Mulawarman yang hadir sebanyak 26 peserta dalam kegiatan pelatihan, kemudian seluruh peserta diobservasi sebaga bentuk evaluasi selama kegiatan pelatihan berlangsung. Hasil yang diperoleh yaitu, nilai rata-rata pre-test dan post-test mengalami peningkatan dari 88% menjadi sebesar 88,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan signifikan pada pengetahuan peserta mengenai public speaking.

In the current era of globalization, public speaking skills are really needed as a communication skill for students to improve their self-quality in the hope of being able to compete amidst the demands of the times and advances and developments in technology. However, in reality there are still students who need to improve their public speaking skills, especially when faced with many people, this is influenced by their low level of self-confidence. The aim of this public speaking training is that after attending the training, participants are expected to be able to improve the quality of the Mulawarman University Business Administration Student Association regarding the development of confidence in communicating in front of people on a large scale. The training method applied is Experimental Learning which focuses on lectures, discussions and material evaluation practices. This public speaking training activity was implemented at the Mulawarman University Business Administration Student Association (HIMABISNIS), where 26 participants attended the training activity, then all participants were observed as a form of evaluation during the training activity. The results obtained were that the average pre-test and post-test scores increased from 88% to 88.8%. So it can be concluded that H0 is accepted and H1 is rejected, meaning that there is no significant difference in the participants' knowledge regarding public speaking.


Keywords


public speaking; self-confidence; training.

Full Text:

FULL TEXT

References


Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan komitmen organisasi melalui pelatihan manajemen diri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 81. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3827

Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Kristika, P. N. A. (2020). Pelatihan dasar public speaking untuk mengembangkan keterampilan penyampaian informasi dan kepercayaan diri bagi siswa tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 71. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p71-84

Chumaeson, W. (2020). Pelatihan publik speaking pada generasi muda Desa Kiringan Boyolali. 1(08), 137–143.

Dailami, Zulia, C., Atikah, W. N., & Rahmayanti, S. (2022). Pelatihan soft skill public speaking dan etika berkomunikasi SMA Mitra Inalum Tanjung Gading. PASAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37–40. https://doi.org/10.58477/pasai.v1i2.36

Fridayanthi, P. D., & Puspawati, G. A. M. (2021). Pelatihan dan pendampingan master of ceremony (mc) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Upmi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 141–149. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i1.1598

Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public speaking’ sebagai bagian dari komunikasi efektif (kegiatan PKM di SMA Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359

Hamzah, I., Wahyudin, A. Y., Oktaviani, L., Aldino, A. A., Alfathaan, M., & Julius, A. (2022). Pendampingan pembelajaran public speaking bagi siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah. Jurnal Widya Laksmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 76–81.

Hidayat, A. N., & lau, H. (2023). Peran pelatihan public speaking dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa di Dj Arie Public Speaking & Broadcasting School Bandung. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.789

Kasih, E. N. E. W., Suprayogi, Puspita, D., Oktavia, R. N., & Ardian, D. (2022). Speak up confidently: pelatihan english public speaking bagi siswa-siswi English Club SMAN 1 Kotagajah. Madaniya, 3(2), 313–321.

Kristanto, R., Sudarwanto, & Kurniawati, W. (2020). Public speaking serta teknik ice breaking dan mc sebagai upaya pengajaran yang menarik. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.734

Mashudi, T., Kurniawan, R., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2021). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 1, 79–78. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan public speaking untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan berbicara pada anak-anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979

Puteri, S. A., & Rozana, A. (2022). Pelatihan berbasis self-awareness untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1), 121. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.7834

Rahmadani, D. N., Wahyuni, A., & Ekawarna. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Jurnal Randai, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.31258/randai.2.1.p.22-33

Rasyid, M., Yuliasari, V., Maulida, W., & Aprida, L. (2020). Pelatihan kohesivitas untuk meningkatkan efeltivitas kerja tim. 2(1), 64–71.

Sartika, D., & Konadi, H. (2022). Pelatihan public speaking pada perangkat Desa Tansaran Bidin Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah Aceh. Jurnal Abdidas, 3(5), 814–821. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.679

Setyowati, H., Qurniawati, Z., Santosa, E., Widiyono, Y., Aryanto, A., Rochimansyah, & Faizah, U. (2020). Pelatihan public speaking bagi mahasiswa dan masyarakat umum. 4(2018), 79–84.

Sofia, L., Indah, M. S., Sabila, A., & Mulyanto, S. A. D. (2020). Pelatihan komunikasi interpersonal untuk komunikasi efektif. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 72. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3826

Stambouli, N. (2020). The challenges of public speaking in “the wings of culture.” Linguistics and Culture Review, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.37028/lingcure.v4n1.20

Sudarto, & Indriyani, S. (2023). Interaksi yang disukai mahasiswa yang pernah dialami dalam lingkungan kampus. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 179–190.

Syah, M. E., & Bantam, D. J. (2022). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan pemilihan karir pada siswa sekolah menengah atas. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1), 111. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.7828

Syahyudin, D. (2019). Pengaruh gadget terhadap pola interaksi sosial dan komunikasi siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan soft skills dan pendampingan siswa-siswi smk di Kota Bogor untuk persiapan memasuki dunia kerja. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.286

Winduwati, S., & Utami, L. S. S. (2021). Pelatihan kemampuan public speaking di SMAN 100 Jakarta. Prosiding SENAPENMAS, 429. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15019




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v6i1.13226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aulia Suhesty dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id