Heartfelt Listening: Enhanching Student Empathy Through Peer Counseling Training
Abstract
Perubahan sosial dan akademik mempengaruhi kualitas interaksi sosial mahasiswa sehari-hari. Salah satu faktor penurunan interaksi sosial ini adalah kurangnya empati. Penurunan empati marak terjadi di kalangan mahasiwa. Hal ini membuat para mahasiswa menjadi kesulitan dalam memahami dan menghargai emosi orang lain. Kondisi ini dapat terlihat dari semakin tingginya kasus bullying dan juga dapat berpengaruh terhadap kesukesesan akademik. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan empati melalui pelatihan konseling sebaya. Metode pelatihan dilaksanakan melalui pemberian edukasi dan roleplay kepada 16 orang mahasiswa. Evaluasi terhadap hasil pelatihan dilakukan melalui kuesioner pre-test dan post-test terkait empati. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test terhadap peserta pelatihan, diketahui bahwa terdapat perbedaan tingkat empati sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Peningkatan empati yang siginifikan ditunjukkan dari skor rata-rata pre-test sebesar 53,06 dan rata-rata post-test sebesar 62,00. Implikasi dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan konselor sebaya dapat meningkatkan empati pada mahasiswa. Empati menjadi kualitas penting bagi mahasiswa psikologi agar dapat memahami, mendukung, dan membantu teman sebaya dalam menghadapi tantangan yang dihadapi.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Adriansyah, M. A., Purnawarman, A., Uyun, M., Windharti, D. S., Febrianur, H. G., & Muhliansyah, M. (2023). Transformasi dalam Organisasi: Membangun Pembicara yang Berani dan Berpengaruh Melalui Pelatihan Public Speaking. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 5(2), 249. https://doi.org/10.30872/plakat.v5i2.13228
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579 ISSN
Aulia, L. R., Kholisoh, N., Rahma, V. Z., Rostika, D., & Sudarmansyah, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Di Sekolah Dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 71–79. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.291
Avida, A. J., Andriyani, J., & Nurfadilla, N. (2024). Dukungan Peer Counseling dalam Penyelesaian Studi Mahasiswa. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 7(1), 79–95.
Borualogo, I. S., & Casas, F. (2021). Subjective Well-Being of Bullied Children in Indonesia. Applied Research in Quality of Life, 16(2), 753–773. https://doi.org/10.1007/s11482-019-09778-1
Diehl, K., Jansen, C., Ishchanova, K., & Hilger-Kolb, J. (2018). Loneliness at universities: Determinants of emotional and social loneliness among students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(9). https://doi.org/10.3390/ijerph15091865
Fadkhurosi, A., & Zamroni, E. (2022). Pelatihan Peer Counseling Bagi Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kualitas Pro-Social di Universitas Muria Kudus. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–49. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/JPMD/article/view/485
Fahham, A. M. (2024). Kekerasan Pada Anak Di Satuan Pendidikan. In Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI. https://pusaka.dpr.go.id
Fitriatun, E., Nopita, & Muliyani, S. E. (2018). Karakter empati dalam konseling teman sebaya pada masa remaja. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(1), 16–23.
Guariglia, P., Palmiero, M., Giannini, A. M., & Piccardi, L. (2023). The Key Role of Empathy in the Relationship between Age and Social Support. Healthcare, 11(17), 1–11. https://doi.org/10.3390/healthcare11172464
Hardiansyah, Saputro, E., Noviandy, R., Fathar, Y. P., Ma’ruf, A., Aditya, M. R., & Firjatullah. (2024). Generasi Emas : Upaya Penyuluhan Pola Asuh Bebas Narkoba di Lingkungan Keluarga Pada Anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 6(2), 221–230.
Herawati, N., Rohmah, N., & Sabiq, Z. (2024). Meningkatkan Ketahanan Individu Untuk Mencegah Perundungan Pada Usia Remaja. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 6(2), 163–176.
Hertinjung, W. S. (2024). Jeratan Gelap Bullying di Dunia Pendidikan Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://www.ums.ac.id/berita/perspektif/jeratan-gelap-bullying-di-dunia-pendidikan-indonesia
Kim, H. N. (2024). Empathy and Academic Achievement Among Black / African American Students at an HBCU. Journal of Educational Research & Practice, 14(1), 296–308. https://doi.org/10.5590/JERAP.2024.14.1.20
Konrath, S. H., O’Brien, E. H., & Hsing, C. (2011). Changes in dispositional empathy in American college students over time: A meta-analysis. Personality and Social Psychology Review, 15(2), 180–198. https://doi.org/10.1177/1088868310377395
Liu, Y. (2023). The role of peer relationships in adolescents’ psychological well-being. SHS Web of Conferences, 180, 03027. https://doi.org/10.1051/shsconf/202318003027
Lomas, J., Stough, C., Hansen, K., & Downey, L. A. (2012). Brief report: Emotional intelligence, victimisation and bullying in adolescents. Journal of Adolescence, 35(1), 207–211. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2011.03.002
Numanee, I. Z., Zafar, N., Karim, A., & Ismail, S. A. M. M. (2020). Developing empathy among first-year university undergraduates through English language course: A phenomenological study. Heliyon, 6(6), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04021
Puspasari, M. (2022). Pelaksanaan Konseling Sebaya Sebagai Upaya Membangun Rasa Empati Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Panji Situbondo. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Rachel, M. D., Kristin, E. M., Lindsay, S., & Janelle, S. (2018). Examining the relationship between empathy for others and self-compassion in college students. Educational Research and Reviews, 13(17), 617–621. https://doi.org/10.5897/err2018.3481
Rachmah, D. N., Zwagery, R. V., Widyawati, W., Munajat, R. H., & Noor, M. I. N. I. (2022). Penyuluhan ke Orangtua Mengenai Dampak dan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1), 71. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6818
Rahmah, D. D. N., & Muhliansyah, M. (2020). Pelatihan Coaching Model Grow untuk Meningkatkan Kinerja Anggota Organisasi. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(1), 52. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3824
Rahmawati, A. H., Suwarjo, & Utomo, H. B. (2019). The effect of basic skills counseling as vital skills in peer counseling to Indonesian students. Universal Journal of Educational Research, 7(9), 1874–1881. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070905
Robieux, L., Karsenti, L., Pocard, M., & Flahault, C. (2018). Let’s talk about empathy! Patient Education and Counseling, 101(1), 59–66. https://doi.org/10.1016/j.pec.2017.06.024
Roshanaei, M., Vaid, S. S., Courtney, A. L., Soh, S. J., Zaki, J., & Harari, G. M. (2024). Meaningful Peer Social Interactions and Momentary Well-Being in Context. Social Psychological and Personality Science, 15(8), 921–932. https://doi.org/10.1177/19485506241248271
Sandoval-Ato, R., Vilela-Estrada, M. A., Mejia Álvarez, C. R., & Caballero Alvarado, J. (2018). Suicide risk associated with bullying and depression in high school. Revista Chilena de Pediatria, 89(2), 208–215. https://doi.org/10.4067/S0370-41062018000200208
Schramme, T. (2024). Empathy as a means to understand people. Philosophical Explorations, 27(2), 157–170. https://doi.org/10.1080/13869795.2024.2344975
Setyastuti, Y., Kumalawati, R., Yuliarti, A., & Hidayat, M. N. (2024). Edukasi Pencegahan Perilaku Bullying: Memberantas Bibit Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 6(2), 246–260.
Shafique, M., Firdos, S. S., & Imtiaz, M. (2024). Interplay between Empathy and Pro-Social Behavior among Undergraduate University Students. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 12(2), 1129–1135. https://doi.org/10.52131/pjhss.2024.v12i2.2142
Somerville, L. H., Jones, R. M., & Casey, B. J. (2010). A time of change: Behavioral and neural correlates of adolescent sensitivity to appetitive and aversive environmental cues. Brain and Cognition, 72(1), 124–133. https://doi.org/10.1016/j.bandc.2009.07.003
Suryawati, N. M. R. (2016). Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4247
Tahrir, Alsa, A., & Rahayu, A. (2021). Modifikasi alat ukur interpersonal reactivity index (IRI) pada subjek dengan identitas Sunda. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.15575/jpib.v4i1.9376
Yeo, G. H., & Tong, E. M. W. (2024). Trajectories of Emotional Disclosure With Parents During the College Transition Among Asian First-Year Students. Developmental Psychology, 60(10), 53706. https://doi.org/10.1037/dev0001781
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v7i1.19296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tina Khostarina., dkk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________
Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id