Kepuasan Konsumen Astra Motor Honda Tanjung Selor Terkait Pelayanan Showroom
Adi Aspian Nur, Dedik Wiryawan, Machmud Al Amrie
Abstract
Pelayanan merupakan kunci utama bagi suatu perusahaan yang fokusnya adalah profit oriented atau orientasi keuntungan. Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan yang diberikan kepada konsumen yang datang ke dealer atau showroom Astra Honda Motor di Tanjung Selor. Dengan adanya pelayanan yang baik tentunya apa yang dirasakan oleh konsumen tersebut akan berdampak terhadap kepuasan yang telah diperoleh oleh konsumen tersebut. Berdasarkan hasil focus group discussion dari 19 konsumen diperoleh hasil bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas dealer atau showroom adalah kurang memuaskan, sebagai contoh petugas dealer tidak ramah, tidak menguasai product knowledge, dan lain-lain.
Keywords
pelayanan, konsumen, Astra Honda Motor Tanjung Selor
Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasi Melalui Pelatihan Manajemen Diri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 81-89.
Batinggi, A., & Ahmad, B. (1998). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.
Irwanto. (2017). Focus Group Discussion. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Yoeti, O. A. (2000). Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan. Jakarta: Pradnya Paramita.
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id