College Students’ Anxiety in Facing the World of Work in terms of Self–Efficacy and Gender

Nenny Ika Putri Simarmata, Nancy Naomi GP Aritonang, Muhamad Uyun

Abstract


College students are expected to complete their studies and achieve a bachelor's degree on time. They also expected to get prepared to enter the world of work. The purpose of this study was to obtain empirical data regarding the effect of self-efficacy and gender on student anxiety in facing the world of work. This research is a quantitative study with self-efficacy scale and anxiety scale. The population of this study were final year students at public and private universities in Medan with 300 respondents. Results from this research are there is a negative effect of self-efficacy on students' anxiety in entering the world of work as much as 42.9 percent. It also found that there was no difference in anxiety between men and women in facing the world of work. Both male and female students feel anxiety about facing the world of work, specifically they are worried about whether they will immediately get a job after graduate from university. Suggestions from this research are to provide input to universities regarding the importance of preparing students for how to enter the world of work. This is also compatible with the Main Performance Indicator (IKU) by The Ministry of Education and Culture Indonesia in 2020 that graduates are expected to have a waiting period for work of less than six months after graduated and have a salary of more than 1.2 (one point two) times the minimum wage early in their early career.

Mahasiswa sebagai calon pekerja memiliki tuntutan yang lebih berat dibandingkan siswa SMU. Tuntutan tersebut antara lain adalah menyelesaikan studi dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan mencapai gelar sarjana. Tuntutan lainnya adalah mahasiswa diharapkan untuk  memiliki kesiapan mental  dalam memasuki dunia kerja yang penuh tantangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh dari self efficacy dan jenis kelamin terhadap kecemasan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan alat ukur self efficacy  dan alat ukur kecemasan menghadapi dunia kerja. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir di Universitas Negeri dan Universitas Swasta di kota Medan dengan jumlah responden sebanyak 300 orang.  Penelitian ini memberikan hasil yaitu terdapat pengaruh negatif self efficacy terhadap kecemasan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja sebanyak 42.9 persen.  Selain itu ditemukan bahwa tidak ada perbedaan kecemasan antara laki-laki dan perempuan dalam menghadapi dunia kerja. Mahasiswa laki-laki dan perempuan secara bersama merasakan kecemasan menghadapi dunia kerja, secara spesifik mereka cemas apakah akan segera mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan perkuliahan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah memberikan masukan kepada Perguruan Tinggi mengenai pentingnya mempersiapkan mahasiswa sejak dini  untuk memasuki dunia kerja. Hal ini sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) I yang diwacanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Indonesia tahun 2020. Indikator Utama 1 menjelaskan bahwa lulusan diharapkan memiliki masa tunggu kerja kurang dari 6 (enam) bulan setelah tanggal terbit ijazah dan memiliki gaji lebih dari 1.2 kali lipat upah minimum di awal kariernya.


Keywords


Anxiety; Self-Efficacy, Student

Full Text:

FULL TEXT

References


Adichandra, A. (2023). Peran trait mindfulness dalam melindungi kesehatan mental mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 13, n. 1, apr. 2023. ISSN 2442-7802

Aulia, T., Rifayanti, R., & Rasyid, M., (2023), Student Self Regulation in Learning during Online Learning Judging from Self Efficacy. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11 (1), 72 – 77

Argasian, B. (2022). Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Unika Soegijapranata ditinjau dari Hubungan Keaktifan Mengikuti Organisasi. Jurnal IMAGE, Vol. 02 No 2, 2022, Page 15 – 27. Universitas AKI Semarang.

Bandura, A. (1995). Self Efficacy: In Changing Societies. United Kingdom: Cambridge University Press.

Bandura, A. (2002). Self efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company.

Badan Pusat Statistik. (2021). Berita Resmi Statistik 05 Nopember 2021. Diakses dari https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-20211105101025.pdf. pada tanggal 24 Juli 2022.

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Agustus 2020. Diakses dari www.bps.go.id. pada tanggal 24 Juli 2022

Busacca & Taber. (2002). The Career Maturity Inventory-Revised: A Preliminary. Psychometric Investigation. Journal of Career Assessment. 10 (4), hlm. 441.

Ghufron, M. & Risnawati, N.R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, Ed. 5. Jakarta : Erlangga.

Kemendikbud. (2020). Buku Panduan MBKM. Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Budaya

Kemendikbud. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Versi 2)

Latisi, M.P., Sofia, L., & Suhesty, A. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan orientasi masa depan pada siswa SMA Negeri x Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (1), 188-201. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5679.

Lestari, Y., & Yudiarso,A. (2023). Effects of self efficacy in the life of student academic procrastionation. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11 (1), 110 – 116

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan self-regulated learning dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1884.

Magogwe, J. M., Ramoroka, B. T., & MoganaMonyepi, R. (2015). Developing studentwriters’ self-efficacy beliefs. Journal of Academic Writing, 5(2), 20–28.

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prnsip Dasar Penelitian Ilmiah. Research Report.

Maulidya, N., Ingarianti, T., Andriany, D. (2002). Peran Komitmen Karier Terhadap Kesuksesan Karier Subjektif Guru di Indonesia. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 20-37. ISSN 2442-7802

Nihayah, E. F. K. (2020). Peran efikasi diri tinggi dalam membentuk kemampuan berpikir kreatif matematika mahasiswa pada perkuliahan program linear. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 127– 142. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.640.

Nisa, K., Rasyid, M., & Suhesty, A. (2022). Penyesuaian akademik pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10 (4), 632-643. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8738.

Nugroho, Wahyu, Febrian & Karyono (2014). Hubungan antara Hardiness dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Empati Karya Ilmiah S1 Fakultas Psychology. Universitas Diponegoro

Nur,A., Yosiana. (2015). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman, Journal Psychology Vol. 3 No 1. Universitas Mulawarman

Peechapol, C., Na-songkhla, J., Sujiva, S., & Luangsodsai, A. (2018). An exploration of factors influencing self-efficacy in online learning : A systematic review. IJET, 13(9), 64–86. https://doi.org//10.3991/ijet.v13i09.8351.

Pearson. (2014). The Learning Curve : Education And Skill For Life. The Economist Intelegence Unit.

Purnasari, K. D., & Abdullah, S. M. (2018). Tingkat Akhir Self Esteem and Career Maturity in Final-Year. InSight, 20(1), 51–68.

Putri, H., & Febriyanti, D. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 9(5) : 375-383.

Rachmawati, Y. E. (2012). Hubungan Antara Self efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Awal Dan Tingkat Akhir Di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1), 1–25.

Santrock, J.W. (2007). Child Development: Perkembangan Anak (penerjemah Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

Salsabila, N., Jannah, P., Masyhuri. (2023). Optimism and Resilience of First-Year Students during the COVID-19 Pandemic. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 13, n. 1,. ISSN 2442-7802

Sari, D.A.M. & Rahayu, D. (2022). Peran efikasi diri terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10 (4), 741-751. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8722

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susilarini, T. (2022). Kecemasan dalam Menghadapo Dunia Kerja ditinjau dari Self efficacy dan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Persada Indonesia YAI.

Rahmanto & Kuncoro (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kesiapan Kerja Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2 Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 18 Oktober 2019 ISSN. 2720-9148

Simbolon, H. (2019). Mengetahui Persiapan Karir dan Kebutuhan Pengembangan Softskill Mahasiswa Baru Pada Semester Awal (Studi Pusat Karir Universitas HKBP Nommensen). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 45-51

Utami, Y., & Hudaniah. (2013). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang. Vol. 01 (01), (40-52)

Wardani, A.F & Syah. M.E (2022). Gambaran Self Efficacy Mahasiswa Angkatan Pertama dalam Proses Penyusunan Skripsi. Psikoborneo. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 10 No 4, 671 – 682. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4

Wijayanti, I., Matulessy, A., & Rini, A. (2020). Efektifitas Pelatihan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Tingkat Akhir, Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Vol.15 No.1 (2020): Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i2.11339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id