Cublak-cublak Suweng Game: Can it Improve the Socio-emotional Development of Alpha Generation Children?

Nazlah Hasni, Ni’matuzahroh Ni’matuzahroh, Diah Karmiyati

Abstract


Games are a natural way for children to learn and develop physically, cognitively and socio-emotionally. Traditional games are a learning medium that has many benefits for children's development. This research aims to find out how the traditional game "Cublak-cublak Suweng" influences the socio-emotional development of Alpha generation children amidst the current dominance of digital technology. This research is a quantitative research with a one group pretest-posttest design. The research subjects were alpha generation children, who grew up with technological facilities, aged 7-10 years and lived in Malang City with a total of 12 children participating, using a purposive sampling technique. Data analysis used Wilcoxon statistical test analysis. The results showed that children who took part in the game "Cublak-cublak Suweng" showed significant improvements in socio-emotional skills such as empathy, cooperation, and emotional regulation compared to the control group. This research provides an understanding that traditional games are able to support the socio-emotional development of alpha generation children in the modern era. Thus, it is hoped that these findings can open the minds of educatorsand parents to consider traditional games as an approach in educating children.

Permainan merupakan salah satu cara alami bagi anak-anak untuk belajar dan berkembang baik secara fisik, kognitif, dan juga sosio-emosional. Permainan tradisional merupakan media belajar yang memiiki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permainan tradisional "Cublak-cublak Suweng" mempengaruhi perkembangan sosio-emosional anak-anak generasi Alpha ditengah dominasi teknologi digital saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah anak-anak generasi alpha, yang tumbuh bersama fasilitas teknologi, berusia 7-10 tahun dan berdomisili di Kota Malang dengan jumlah total partisipan 12 anak, dengan Teknik sampling purposive. Analisis Data menggunakan analisis uji statistik Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang ikut serta dalam permainan "Cublak-cublak Suweng" menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan sosio-emosional seperti empati, kerjasama, dan regulasi emosi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penelitian ini memberikan pemahaman bahwa permainan tradisional mampu mendukung perkembangan sosio-emosional anak generasi alpha di era modern. Dengan demikian, diharapkan temuan ini dapat membuka wawasan para pendidik dan orang tua untuk mempertimbangkan permainan tradisional sebagai salah satu pendekatan dalam mendidik anak.


Keywords


Cublak-cublak Suweng Game; Socio-Emotional Development; Generation Alpha Children

Full Text:

FULL TEXT

References


Adillah, R., Arfika, N., Purba, F. P. Y., & Yus, A. (2023). Analisis Media Belajar Digital di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 84–88. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3177

Anggraini, R., & Wahyuni, A. (2021). Development of Religious and Moral Values Through Cublak-Cublak Suweng Traditional Games To Build Children’s Character. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 1(2), 115–126. https://doi.org/10.14421/joyced.2021.12-05

Aulia, N. A. Z., & Fuadah Z., A. (2020). Permainan Tradisional Pukang dari Provinsi Lampung dan Pembentukan Karakter Bersahabat pada Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 29–40. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol1.iss2.9

Darmawan, D., & Latifah, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Fad, A. (2014). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. CIF.

Fibiona, I. (2021). Cublak Cublak Suweng dan Gobak Sodor: Pengembangan Karakter Anak dalam Permainan Tradisional Yogyakarta. Kundha Kabudayaan (Dinas Kebudayaan).

Habibah, I., Dia, A., & Sari, I. (2024). Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Data Statika dan Perkembangan Sosial Anak. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), 65–75.

Herawati, E. N. (2015). Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung dalam Dolanan Anak pada Festival Dolanan Anak Se-DIY 2013. Jurnal Imaji, 13(1), 13–27. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4045

Herimanto, & Winarno. (2021). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Bumi Aksara.

Hidayat, A. (2021). Pendidikan Generasi Alpha : Tantangan Masa Depan Guru Indonesia. Jejak Pustaka.

Hidayat, U., & Ariani, A. (2019). Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Media Play Therapy dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Slow Learner pada Siswa SDN Mulyerejo Dua, Kota Malang. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, 679–690.

Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi Perkembangan Anak. Universitas Terbuka.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (I. Widiyati (ed.)). Erlangga.

Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 4(2), 89–96. https://doi.org/10.24042/kons.v4i2.2192

Istiqomah, N., & Kusuma, A. B. (2019). Pembelajaran Blended Learning Matematika di Era Generasi Alpha. Prosiding Sendika, 5(1), 595–600.

Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional (Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis). Universitas Muhammadiyah Malang.

Jha, A. (2020). Understanding Generation Alpha. 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/d2e8g

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Lestari, S. W. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Muatan IPS Melalui Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng Siswa Kelas VI SD Jetis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 14–26.

Lintangkawuryan, Y. (2018). Pengenalan Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 23(3), 202–210.

Mansur, H. (2009). Psikologi Ibu dan Anak Untuk Kebidanan. Salemba Medika.

Nasution, A. M. N. (2024). Masa Perkembangan Generasi Alpha : Ditinjau dari Perspektif Psikologi Perkembangan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 5(1), 158–164.

Novianti, R., Hukmi, & Maria, I. (2019). Generasi Alpha-Tumbuh dengan Gadget dalam Genggaman. Jurnal Educhild: Pendidikan & Sosial, 8(2), 65–70.

Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M., & Salimi, M. (2016). Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEA, 265–273.

Poerwanti, E., & Widodo, N. (2002). Perkembangan Peserta Didik. UMM Press.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali Pers.

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha, 1, 493–502.

Puspitasari, I., Surbakti, A., & Darmayanti, N. (2023). Students’ Moral Intelligence in the Perspective of Peer Interaction and Self Esteem. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 12(4), 482. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i4.11868

Rambe, D. M., Windi, R. J., & Lubis, R. A. (2023). Aspek Perkembangan Sosio-Emosional Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasa. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(2), 144–148. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.301

Reis, T. A. dos. (2018). Study on The Alpha Generation And The Reflections of Its Behavior in the Organizational Environment. Quest Journals : Journal of Research in Humanities and Social Science, 6(1), 2321–9467.

Ruseffendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Tarsito.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak Jilid 1. Salemba Empat.

Saroh, U., Kristanto, M., & Khasanah, I. (2018). Interaksi Sosial Anak dalam Permainan Cublak-Cubla Suweng Pada Usia 2-4 Tahun di TPA Pena Prima Tahun 2017. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 127–139. https://doi.org/10.26877/paudia.v6i2.2107

Suwarjo & Eliasa, E. I. (2010). Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Paramitra Publishing.

Suyanti, S., & Jabar, C. S. A. (2022). Studi Deskriptif Isi Pesan Moral pada Lirik Lagu Dolanan Khas Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5605–5614. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3256

Tusyana, E., Trengginas, R., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 18–26. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1804

Tyasworo, R., Putri, F. R., & Samiaji, M. H. (2023). Increasing the Character of Responsibility and Discipline in the Manba ’ ul Huda Play Group Through the Cublak-Cublak Suweng Game. Islamic Studies Journal, 3(1), 63–76.

Urbaningrum, K. A. (2020). Upaya Meningkatkan Karakter Kejujuran Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng di RA Full Day Insan Mulia Bantul Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wardany, M. P., Jaya, M. T. B. S., & Anggraini, G. F. (2016). Aktivitas Bermain Kooperatif Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Pendidikan, Jurnal Anak, Islam Dini, Usia, 15(1), 165–175.

Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. UMMPress.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i2.14413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nazlah Hasni, Ni’matuzahroh & Diah Karmiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id