The Key to Study Success: Self-Regulation and Academic Adjustment at Satya Wacana Christian University
Abstract
Early adulthood is a transition period from adolescence to adulthood. This adult period starts from the age of 18 – 25 years at which time you have entered the world of college as a student. The main task of being a student is to learn with all the obstacles one faces actively and critically. Changes in the learning environment at school with lectures result in many things that students have to adjust to, such as learning styles, friendships and social situations, as well as dealing with lecturers. This research uses quantitative correlational methods. A total of 77 students from the class of 2022 at Satya Wacana Christian University were involved in this research. The results showed that academic adjustment had a significant positive relationship with self-regulation (r=0.527, sig.=0.000). Thus, it can be concluded that the results of this research show that there is a significant relationship between self-regulation and academic adjustment of students class of 2022 at Satya Wacana University. This means that the higher the self-regulation, the higher the academic adjustment of the class of 2022 students at Satya Wacana University, and vice versa. The implications of this research are that universities and faculties can develop programs that can improve self-regulation in new students so that their academic adjustment will be better.
Masa dewasa awal merupakan masa peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa. Masa dewasa ini dimulai dari usia 18 – 25 tahun yang mana usia ini sudah memasuki dunia perkuliahan sebagai mahasiswa. Tugas pokok menjadi seorang mahasiswa adalah belajar dengan segala rintangan yang dihadapinya secara aktif dan kritis. Perubahan lingkungan belajar di sekolah dengan perkuliahan mengakibatkan banyak hal yang harus disesuaikan oleh mahasiswa, seperti gaya belajar, pertemanan dan sosial, serta menghadapi dosen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sebanyak 77 mahasiswa angkatan 2022 Universitas Kristen Satya Wacana terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian akademik memiliki hubungan positif signifikan dengan regulasi diri (r=0,527, sig.=0.000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara regulasi diri dan penyesuaian akademik mahasiswa angkatan 2022 Universitas Satya Wacana. Hal ini berarti semakin tinggi regulasi diri, maka semakin tinggi pula penyesuaian akademik mahasiswa angkatan 2022 Universitas Satya Wacana, dan begitu pula sebaliknya. Implikasi dari penelitian ini universitas dan fakultas dapat mengembangkan program yang dapat meningkatkan regulasi diri pada mahasiswa baru sehingga penyesuaian akademik mereka akan semakin baik.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Primatika. J. Pend. Mat, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108
Anggana, W. T., & Pedhu, Y. (2021). Hubungan antara regulasi diri dan penyesuaian akademik mahasiswa angkatan 2019 program studi bimbingan dan konseling, fakultas pendidikan dan bahasa, universitas katolik indonesia atma jaya. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(1), 105–115.
Anugraheni, A. R., Hermahayu, & Faizah, R. (2021). Pengaruh penyesuaian akademik dan motivasi akademik terhadap technostress pada mahasiswa. Borobudur Psychology Review, 1(2), 46–58. https://doi.org/10.31603/bpsr.5808
Arsanti, R., Lubis, F. Y., & Cahyadi, S. (2022). Peran academic self-efficacy terhadap academic adjustment pada mahasiswa tahun pertama program MBKM. Journal of Psychological Science and Profession, 6(3), 232–240. https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i3.38432
Arum, A. R., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri mahasiswa baru psikologi. Jurnal Penelitian Psikolog, 8(8), 187–198.
Atiyah, K., Mughni, Abd., & Ainiyah, N. (2020). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri remaja. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 2(2), 42–51. https://doi.org/10.35316/maddah.v2i2.844
Efendi, D. H., Sandayanti, V., & Hutasuhut, A. F. (2020). Hubungan efikasi diri dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas malahayati. ANFUSINA: Journal of Psychology, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i2.10594
Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Penyesuaian diri dan stres akademik mahasiswa tahun pertama. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 11–18. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MV/article/viewFile/5303/5159
Faizah, A. N., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 12(1), 41–50. https://doi.org/10.24036/011166930
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari indonesia bagian timur di semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 491–501. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21669
Fitrianti, L., & Cahyono, R. (2020). Pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru selama PJJ di masa pandemi covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1180–1189.
Hadi, S. N. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3169–3176.
Hafizah, S., & Ra’iyati, S. (2023). Pengaruh regulasi diri terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa. Psycho Idea, 21(2), 108. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i2.16148
Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan media video animasi 2D materi regulasi diri untuk masa transisi ke SD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632
Hutabarat, E., & Nurchayati. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa batak yang merantau di surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 45–59.
Igirisa, S. F., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh keberfungsian keluarga terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tahun pertama selama proses pembelajaran daring. Brpkm: Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1435–1443.
Khoirunnisa, S., & Hariyadi, S. (2023). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri siswa MTS al-fithrah meteseh semarang. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 20(01), 13–27. https://doi.org/10.34005/guidance.v20i01.2430
Mandoa, F., Saud, H., & Reba, Y. A. (2021). Penyesuaian diri akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi emosi dan self-esteem. Psychocentrum Review, 3(1), 119–127. https://doi.org/10.26539/pcr.31595
Mawarid, O. S., Pradigdo Utomo, D., Zahra, F. A., Khanifah, K. A., Apriliani, F., & Sugiarti, R. (2024). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas sultan agung semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4572–4582.
Nikmaturofiqoh, S., Yohana, C., & Fadillah, N. (2023). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri akademik terhadap penyesuaian akademik siswa kelas x bisnis manajemen di SMKN 48 jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 608–622. https://doi.org/10.5281/zenodo.7635555
Nugrahadi, A., & Mamahit, H. C. (2022). Penyesuaian akademik mahasiswa program studi bimbingan dan konseling universitas katolik atma jaya saat pandemi covid-19. Psiko Edukasi, 20(1), 65–82. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i1.3426
Nurfitriani, T. S., & Setyandari. (2022). Hubungan regulasi diri dalam belajar terhadap stres akademik mahasiswa KMPKS yogyakarta. Journal of Counseling and Personal Development, 4(1), 1–11.
Perdana, K. I., & Wijaya, H. E. (2021). Regulasi diri dalam belajar sebagai prediktor resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Psycho Idea, 19(2), 186–198. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.10711
Pujiastuti, R., Sari, M. T., Imawati, D., & Syahputri. (2020). Pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII di SMA negeri 11 samarinda. Motivasi, 8(1), 1–7.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh keterlibatan orang tua dan regulasi diri terhadap perilaku bullying anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715–732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh regulasi diri siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS. Research and Development Journal of Education, 7(1), 136–145. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: Studi pada mahasiswa fakultas psikologi UKSW. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73–84. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681
Rasyid, H. Al, & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada mahasiswa universitas airlangga. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1306–1312. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28617
Riak, S., & Hananto, H. (2023). Penerapan model pembelajaran project-based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaboraasi, kemampuan regulasi diri, dan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran biologi topik pembelahan sel pada siswa SMA kelas XII IPA. Academy of Education Journal, 14(2), 890–905. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1942
Sappaile, B. I., & Pahrijal, R. (2023). Hubungan antara selg-leadership dan penyesuaian akademik pada mahasiswa baru: Tinjauan terhadap strategi swelf-leadership dan dampaknya pada prestasi akademik. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 1(03), 173–180. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i03.424
Sari, C. A. K., & Zaini, A. H. (2024). Peran dukungan sosial pada penyesuaian akademik mahasiswa baru dengan resiliensi akademik sebagai mediator. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 15(1), 64–78. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v15i1.23190
Sumia, D., Sandayanti, V., & Detty, A. U. (2020). Pengaruh teman sebaya dan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.33024/jpm.v2i2.2593
Syahid, M., & Rozali, Y. A. (2021). Gambaran penyesuaian akademik mahasiswa dalam menghadapi kelas online universitas esa unggul jakarta. JCA Psikologi, 2(2), 151–159.
Wijayanti, A. T., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas XI di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(4), 221–232.
Utami, P. D., & Aviani, Y. I. (2021). Hubungan antara regulasi diri dengan fear of missing out (FOMO) pada remaja pengguna instagram. Jurnal Pendidkan Tambusai Universitas Negeri Padang, 5(1), 177–185. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/Danan-Satriyo.pdf
Widodo, B. (2021). Gambaran penyesuaian diri mahasiswa baru universitas katolik widya mandala surabaya kampus kota madiun tahun akademik 2020/2021. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 899–907. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.364
Widyawati, K., Sutja, A., & Sarman, F. (2023). Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap penyesuaian akademik siswa kelas IX di SMP negeri 1 muaro jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 134–142. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5272
Yasin, C. C. A., Noviekayati, I., & Rina, A. P. (2023). Penyesuaian akademik pada mahasiswa tahun pertama: Bagaimana peran efikasi diri? INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 626–632.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.15118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hilman Richard Tasiabe & Maria Nugraheni Mardi Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id