Self-Management: Reducing Social Media
Abstract
The development of technology from time to time will continue to grow rapidly with changes, especially in the field of communication and information. The development of communication and information has caused many communication delivery media to emerge that have been designed to be able to convey information in a very easy way, one of which is social media. Social media provides many conveniences that make its users feel safe in cyberspace for a long time. Most social media users are teenagers, who are easily carried away by global developments, the desire to get information, and have difficulty distinguishing between good and bad to be used as a reference for behavior. This study aims to direct students in reducing the use of social media during classroom learning. The research method used is the one group pretest-posttest experimental approach, pretest and posttest are carried out by racing against indicators of social media addiction behavior. Based on the results, the self-management strategy can reduce the use of social media in class XI students at SMK Nurul Islam Manyar.
Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman akan terus semakin pesat dengan adanya perubahan terutama pada bidang komunikasi dan informasi. Perkembangan komunikasi dan informasi ini menyebabkan banyak sekali bermunculan media penyampaian komunikasi yang sudah didesain untuk dapat menyampaikan informasi dengan cara yang sangat mudah, yaitu salah satunya media sosial. Media sosial memberikan banyak kemudahan yang membuat penggunanya bisa merasa aman di dunia maya dalam jangka waktu yang lama. Sebagian besar pengguna media sosial adalah remaja, yang mudah terhanyut dalam perkembangan global, keinginan untuk mendapatkan informasi, dan kesulitan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk untuk dijadikan acuan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengarahkan siswa dalam mengurangi penggunaan media sosial saat pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan eksperimen one group pretest-posttest, pretest dan posttest dilakukan dengan berpacu pada indikator perilaku kecanduan media sosial. Berdasarkan hasil yang dilakukan strategi self management dapat mengurangi penggunaan media sosial pada siswa kelas XI di SMK Nurul Islam Manyar.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan media sosial (FOMO) pada generasi milenial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 86–106. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4249
Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/499
Amirah, N., Jumaini, & Indriati, G. (2023). Hubungan kecanduan media sosial terhadap kesehatan mental remaja pada masa pandemi covid-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, 11(1), 72. https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i01.p10
Anggraini, H., & Emmanuel, S. (2020). Pelatihan teknik self control untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak usia dini. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(2), 90–97. https://doi.org/10.33366/japi.v5i2.1768
Annisa, D. F., Pahlevi, R., Fatimah, S., & Sari, R. O. (2022). Pelatihan parenting melalui pemanfaatan internet sehat sebagai upaya mereduksi kecanduan media sosial pada remaja. Jurnal AbdiMU (Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 12–18. https://doi.org/10.32627/abdimu.v2i1.449
Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3(1), 41–53. https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928
Asrori, F., & Hartono. (2022). Penggunaan teknik self management dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(4), 53–59.
Aviv, M. F., Kusnadi, & Jannati, Z. (2023). Pencegahan kecanduan alkohol pada remaja melalui layanan bimbingan kelompok berbasis teknik self-management. Adiba: Journal of Education, 3(3), 334–340.
Azizah, E., & Bharuddin, F. (2021). Hubungan antara fear of missing out (FOMO) dengan kecanduan media sosial instagram pada remaja. Jurnal Psikologi Humanistik, 29(3), 15–25.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media promosi industri kuliner di yogyakarta pada masa pandemi covid-19 (Studi kasus akun tiktok javafoodie). Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Fazillah, P., Fadhli, T., & Fitri, M. (2023). Efektivitas pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa SMAN 1 sakti. Jurnal Educandumedia, 2(2), 1–11.
Harnata, A. A., & Prasetya, B. E. A. (2023). Gambaran perasaan insecure di kalangan mahasiswa yang mengalami kecanduan media sosial tiktok. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 823–830. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.437
Husainiah, S. H., Flurentin, E., & Ramli, M. (2020). Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Teacher in Educational Research, 2(2), 79–84. https://doi.org/10.33292/ter.v2i2.97
Imran, A. N. (2020). Penerapan teknik self management untuk mengurangi kecanduan media sosial pada siswa di SMAN 1 Sinjai. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 3(4), 1–16. http://eprints.unm.ac.id/19360/1/JURNAL NUR AZIZAH IMRAN.pdf
Krisnadi, B., & Adhandayani, A. (2022). Kecanduan media sosial pada dewasa awal: Apakah dampak dari kesepian? JCA of Psychology, 3(1), 47–55. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jpsy/article/view/187
Mahendra, Shalini, W., Parulian, T., Pambudi, B., Yusuf, N. W., & Sagala, E. (2024). Penyuluhan penerapan self management dalam mengurangi kecanduan media sosial pada siswa di PKBM Yabes Medan. Community Development Journal, 5(3), 4597–4601.
Mulyani, I., Mikarsa, H. L., & Puspitawati, I. (2020). Apakah jenis kelamin memoderasi pengaruh harga diri terhadap perilaku adiksi pada instagram di kalangan remaja? Semianr Nasional PascaSarjana, 39–48. https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.9221
Munawaroh, L., Salam, A. Y., & Yunita, R. (2023). Pengaruh teknik self management terhadap stress akademik dan motivasi siswa tahfidz di SMA unggulan hafshawaty pesantren zainul hasan genggong. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(11), 98–111.
Mustikaningtyas, R. P., Adelia, F. M., Sriandi, A. K., & Habsy, B. A. (2024). Penerapan teknik self management terhadap perilaku terlambat pada peserta didik di SDN Jajar Tunggal III Surbaya. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 550–556. https://doi.org/10.59837/f24hd634
Pata, A., Aspin, & Pambudhi, Y. A. (2021). Kontrol diri siswa terhadap kecanduan media sosial. Jurnal Sublimapsi, 2(2), 20. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i2.16279
Pratiwi, A., & Fazriani, A. (2020). Hubungan antara fear of missing out (Fomo) dengan kecanduan media sosial pada remaja pengguna media sosial. Jurnal Kesehatan, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.123
Puspitasari, W., & Fikry, Z. (2023). Kontribusi kontrol diri terhadap kecanduan media sosial tiktok pada remaja di kabupaten bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13958–13964. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8611
Rafiq. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunikas, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.34081/270033
Rahardjo, L. K. D., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Fear of missing out (FOMO) dengan kecanduan media sosial pada mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 460–465. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.328
Rahmawati, D., Assyahali, K. A.-K., & Permana, A. (2023). Pengaruh teknik self management terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI di madrasah aliyah (MA) darunna’im putri rangkasbitung. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 245–259. http://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/119
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya media sosial, edukasi masyarakat, dan pandemi covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 529–542. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Sari, E. P., Hartati, S., & Siswanti, R. (2022). Teknik-teknik bimbingan dan konseling dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11896–11905. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4335
Sinuhaji, B. C., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2023). Pengaruh konseling behavioral teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 452–455. https://doi.org/10.29210/1202323017
Winingsih, E., Naqiyah, N., Warsito, H., & Setiawati, D. (2022). Pengembangan model psikoedukasi berbasis self management untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan waktu. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKPI), 5(1), 41–46. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Wulandari, R., & Netrawati. (2019). Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Jurnal Riset Tindakan Mahasiswa, 5(2), 1–15.
Zanah, F. N., & Rahardjo, W. (2020). Peran kesepian dan fear of missing out terhadap kecanduan media sosial: Analisis regresi pada mahasiswa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 286–301. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3386
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.16382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Amilza Afnur & Awang Setiawan Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id