Hubungan Manajemen Diri dan Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktif Kuliah dan Organisasi

Diena Ardini

Abstract


Siswa dapat mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan organisasi. Siswa yang tidak dapat menjalankan dua tanggung jawab sebagai mahasiswa aktif dan organisasi dapat mengakibatkan dampak negatif pada akademik siswa. Prokrastinasi akademik antar siswa terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah kemampuan yang kurang baik pada siswa dalam mengelola dan mengatur diri sendiri, serta kurangnya orientasi tujuan masa depan yang ada pada masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen diri dan orientasi masa depan dengan prokrastinasi akademik kepada mahasiswa aktif dan organisasi di BEM KM Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 anggota BEM KM Universitas Mulawarman Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala manajemen diri, orientasi masa depan, dan prokrastinasi akademik. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Amos versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen diri dengan prokrastinasi akademik menunjukkan nilai CR -7.889 ≤ 1,96 dan nilai P 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa manajemen diri memiliki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik. Kemudian pada orientasi masa depan dengan prokrastinasi akademik menunjukkan nilai C.R -1,823 ≤ 1,96 dan nilai P 0,068> 0,05 yang berarti bahwa orientasi masa depan tidak ada hubungannya dengan prokrastinasi akademik.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Akinsola, M. K, Tella, A., & Adeyinka T. (2007). Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (4), 363-370.

Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan, 10 (4), 336-342.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. (1986). Social Foundation Thought and Action a Social Cognitive and Theory. New Jersey: Prentice Hall.

Debora, J.S. (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Fauziah, H.H. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (2), 123-132.

Firdaus. K. (2008). Manajemen Waktu Kuliah dan Organisasi. (on-line). Tanggal Akses: 10 Februari 2017. Diakses dari https://uad.ac.id/kartikaf/manajemen-waktu-kuliah-dan-organisasi.

Forum Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. (2007). Diantara Pilihan Akademik dan Organisasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ghozali,I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufron, M.N. dan Rini R.S. (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Gustina, A. (2009). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hardiyanti, A. (2016). Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Anggota MUEC UMS. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Heru, B. (2007). Konflik Peran Mahasiswa Aktif di Organisasi Kampus. (on-line). Tanggal akses: 10 Februari 2017. Diakses dari FTP: https://library.gunadarma.ac.id.

Hurlock, E.B. (2002). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Juriana. (2000). Kesesuaian antara Konsep Diri Nyata dan Ideal dengan Kemampuan Manajemen Diri pada Mahasiswa Pelaku Organisasi. Jurnal Psikologika, 5 (9), 39-56.

Knaus, E. (1992). Procrastionation. New York: Institute for Rational-Emotive Thrapy. (on-line). Tanggal Akses: 9 November 2013. Diakses dari FTP: www.utulsa.edu/cpsc/procrastination.

Larson, C.C. (1991). The Effects of a Cognitive-Behavioral Education Program on a Academic Procrastination. (on-line). Tanggal Akses: 11 Juli 2017. Diakses dari https://www.scribd.com/document/376765549/The-Effects-ofCognitive behavioral-Education-Program-on-Academic-Procrastination.

Launa. (2000). Gerakan intelektual dan aksi massa mahasiswa: Refleksi dan prospeksi peran politik mahasiswa era orde baru. Jurnal Widya, 183, 49 57.

Leny. & Tommy, Y.S. S. (2006). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Jurnal Phronesis, 8 (1), 71-99. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Nugroho, A.J., Machmuroch., & Nugraha, A.K. (2015). Hubungan Antara Pesimisme Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3 (4), 264-274.

Nurmi, J.E. (1989). Adolescent’s Orientation to the Future: Development of Interest and Plans, and Related Atributions and Effect in the Life-Span Context. Helsinki: The Finish Society of Science and Letters Press.

Nurmi, J.E. (1989). Planning, Motivation, and Evaluation In Orientation To The Future: A Latent Structure Analysis. Scandinavian Journal Of Psychology, 30, 64-71.

Prijosaksono, A. (2002). Self Management Series: Control Your Life. Jakarta: Gramedia.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Rema R.S. (2007). Perbedaan Self-Regulation Pada Mahasiswa yang Bekerja dan Mahasiswa yang Tidak Bekerja. (on-line). Tanggal Akses: 10 juli 2017. Diakses dari https://www.journal.paramadina.ac.id

Rizvi, A. Prawitasari, J. E. & Soetjipto, H. P. (1997). Pusat Kendali Efikasi Diri sebagai Prediktor Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologika, 3 (2), 51-66. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Shurna, A. (2014). Perbandingan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Psikologi, 1 (2), 1-8.

Solimun. (2006). Analisis Multivariate Pemodelan Struktural. Malang: Penerbit CV Citra.

Solomon, L. J., dan Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavior Correlation. Journal of Counseling Psychology, 31 (4), 304-501.

Suhartini, H. (1992). Pengaruh Metode Pengelolaan Diri Sendiri Terhadap Prestasi Kerja Praktek Harian. Jurnal Psikologi, 1 (19), 27-29.

Triana, K.A. (2013). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poilitik (FISIPOL) Universitas Mulawarman Samarinda. eJournal Psikologi, 1 (3), 280-291. Samarinda: Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id