Hubungan Strategi Promosi dengan Keputusan Pembelian Gadget

Aldy Alfajri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi promosi dengan keputusan membeli gadget pada konsumen di toko Suryaphone Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat, keputusan pembelian, dan variabel bebas yaitu strategi promosi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 konsumen Suryaphone Samarinda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara satu variabel bebas (X) atau lebih dengan variabel terikat (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan strategi promosi dengan keputusan pembelian gadget pada toko Suryaphone Samarinda dengan nilai korelasi sebesar 0, 500 dan p = 0,000.

Keywords


keputusan pembelian, strategi promosi

Full Text:

PDF

References


Anwar, I. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4 (12). 2-6.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Darmadi, D. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Penjualan (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 2 (1). 22-23.

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1 (1). 31-32.

Harahap, D. A. (2015). Anasisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7 ( 3). 227-228.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Isnaini, A. (2005). Model dan Strategi Pemasaran. Mataram: NTP Press.

Isyanto, P., Eman, S., & Herligiani. (2012). Pengaruh Kualitas Peroduk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Manajemen, 09 (4). 854-855.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Ma’ruf , H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, D., & Oesman, Y., M (2002). Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran. Cetakan Kedua. Bandung : Penerbit Linda Karya.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sistaningrum, W. (2002). Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono, (2013).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Swashta, B & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Cetakan Ketiga Belas. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tjiptono, F. (2001). Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Zimmerer, W. T. (2002). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition. New york: Prentice-Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id