Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Dengan Pelayanan Prima
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan pelayanan prima (service excellence) pada perawat BLUD RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah perawat BLUD RSUD Dr. H. Soermarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, dengan sampel sebanyak 70 perawat yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan Program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 24.0 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan antara motivasi kerja dengan service excellence pada perawat RSUD dengan koefisien beta (β) = 0,000, dan t hitung> t tabel (-0,003 <1,995) dan p = 0,997 (p <0,05). ); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan pelayanan prima (service excellence) pada perawat RSUD dengan koefisien beta (β) = 0,927, dan nilai t hitung> t tabel (19,326> 1,995) dan p nilai = 0,000 (p <0,05); (3) terdapat hubungan motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan service excellence pada perawat RSUD dengan nilai f hitung> f tabel (203.668> 3.19) dan p = 0.000 (p <0.05). Kontribusi pengaruh (R2) terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap service excellence pada perawat sebesar 0,859.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ashar, S. M. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Barata, A. A. (2004). Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Elhaitammy. (2011). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Lembaga Pendidikan Solocom Di Surakarta. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 101-108.
Endarini, S. (2001). Pelayanan prima. Yogyakarta: Kanwil Departemen Kesehatan Propinsi DIY.
George., & Jones. (2005). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 100-112.
Hermawan, G. (2016). Hubungan Iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja Karyawan PT. Jembayan Muarabara Desa Separi Tenggarong Seberang. Jurnal Psikologi, 4(2), 373-384.
Jex, M. S., & Britt, W. T. (2008). Organizational Psychology: a scientistpractitioner approach-2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, inc
Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.
Rahmayanty, N. (2010). Manajemen Pelayanan Prima (Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality), Graha Ilmu, Yogyakarta.
Reksoatmodjo, T. N. (2009). Statistika untuk Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Aditama
Robbins, S. P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education
Schaufeli., & Jauczur. (1994). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Burnout Pada Perawat Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Journal Psychology, 10 (1).
Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunartini. (2000). Pelayanan Prima di Rumah Sakit, Peran Profesi dan Unit Penunjang. Jurnal: Dalam Menuju Paradigma Sehat dengan Pelayanan Prima. Yogyakarta: RSUP Dr. Sardjito dan Fakultas Kedokteran UGM.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id