Pengaruh Tipe Pola Asuh dan Penerimaan Sosial Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja

Rahmatika Hamdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya pengasuhan dan penerimaan sosial terhadap perilaku merokok pada remaja di Samarinda. Metode penelitian adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan uji regresi dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 24.0 for Windows 7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan, dengan nilai hasil model regresi berganda full model dengan F hitung > F tabel (152.292> 3.94), adjusted R square = 0.759 dan p = 0.000 <0.050 dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji regresi, diketahui bahwa gaya pengasuhan mempengaruhi perilaku merokok, sebagaimana dibuktikan oleh koefisien beta = 0,345; t hitung = 5,586> t tabel = 1,984 dan nilai p = 0,000 <0,05. Sekitar 87% merujuk pada gaya pengasuhan primitif. maka penerimaan sosial berpengaruh dengan koefisien beta perilaku merokok = 0,622; t hitung = 10.071 <1.984 dan nilai p = 0.000> 0,05.

Keywords


gaya pengasuhan, penerimaan sosial, perilaku merokok

Full Text:

PDF

References


Alfiana, A. D. (2013). Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau dari Keikutsertaan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 01 (02), 2301-8267.

Arif, K. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Flow Akademik. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2 (1), 1-5.

Bee, H., & Boyd, D. (2010). The Growing Child. Boston: Pearson Education, Inc.

Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: BPFE.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Elsola, D. A. N. (2016). Korelasi Regulasi dan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-5. 1.122-1.126.

Garliah, L., & Nasution, F. K. S. (2005). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Berprestasi. Psikologia. 1 (1), 38-39.

Haryani, R. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 3 (01), 31-34.

Idrus, M. 2004. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Irawati. 2009. Mendidik dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.

Kusasi, M. (2014). Hubungan Empati dan Komunikasi Interpersonal Dengan Kualitas Hidup. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 37-49.

Leman, K. (1999). The Birth Order Book: Why You Are The Way You Are. USA: Revell a division of Baker Publishing Group.

Neal, D., & Carey, K. (2005). A Follow-Up Psychometric Analysis Of The SelfRegulation Questionnaire. Psychology of Addictive Behaviors. 19 (4), 414–422.

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi. 42 (1), 61–63.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research and Application (3rd Ed). Prentince Hall: New Jersey.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective (Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan Edisi Keenam). Penerjemah: Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinatryani, N., Menaldi, A., & Widyasari, P. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Sulung di Universitas Indonesia dengan Batasan Usia Remaja. FPSI UI. 1-9.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugianto. (2006). Pentingnya Motivasi Berprestasi dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 5-14.

Suparyanto. (2010). Konsep Pola Asuh Anak. (Online) http//:drsuparyanto.blogspot.com. Diakses pada Selasa tanggal 11 November 2014 pukul 10.15 WIB.

Suryadi, B., Soriha, E., & Rahmawati, Y. (2017). Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua, Konsep Diri dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 23 (2), 91-92.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Regulasi diri untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. (7), 64-71.

Susanto, A. H. E., & Nurhayati, F. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Sangkapura Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 01 (02), 363–365.

Ulwan, A. N. (2009). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id