Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Membolos
Aswinda Laksmitaningtyas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos pada siswa kelas XII SMK IT Airlangga Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 75 siswa kelas XII SMK IT Airlangga Samarinda Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku membolos, motivasi belajar, dan iklim sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan antara motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos dengan F hitung> F tabel (53,653> 3,12) dan p = 0,000 (p <0,05); (2) Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara motivasi belajar dengan perilaku membolos dengan koefisien beta (β) = -0,522, t hitung> t tabel (-4,919> 1,666) dan p = 0,000 (p <0,05); (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku membolos dengan koefisien beta (β) = 0,310, t hitung> t tabel (2,926> 1,666) dan p = 0,005 (p <0,05). Dan sumbangan pengaruh (R2) motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos sebesar 0,598 atau 59,8 persen.
Keywords
perilaku membolos, motivasi belajar, iklim sekolah
Anitiara. (2016). Pengurangan Perilaku Membolos Di Sekolah Dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 KotaBumi Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukuran, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahri, S. (2010). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 30-39.
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fitrianingsih, A. (2013). Hubungan Antar Konsep Diri dan Motivasi Belajar
Dengan Kecenderungan Perilaku Membolos. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Jawa Tengah.
Hadi, S. (2003). Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas.
Department of Psychology Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id