Kecerdasan Emosional dan Koping Stres Dengan Penyesuaian Diri Pada Ibu yang Memiliki Anak Autis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. C., Elias, H., Uli, J., & Mahyuddin, R. (2010). Relationship between coping and university adjustment and academic achievement amongst first year undergraduates in a Malaysian Public University. International Journal of Arts and Sciences, 3 (11), 379-392.
Ali, M., & Asrori, M. (2012). Psikologi remaja: perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ananda, L. R. A., & Kristiana, I. F. (2017). Studi kasus: kematangan sosial pada siswa home schooling. Jurnal Empati, 6 (1), 257-263.
Anissa, N., & Handayani, A. (2012). Hubungan antara konsep diri dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri istri yang tinggal bersama keluarga suami. Jurnal Psikologi, 1 (1).
Artha, & Supriyadi. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dan self efficacy dalam pemecahan masalah penyesuaian diri remaja awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1 (1), 190-202.
Asih, G. Y., & Pratiwi, M. S. (2010). Prilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi Maria Kudus, 1 (1), 33-42.
Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baqutayan, S. M. S. (2015). Stress and coping mechanisms: a historical overview. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6 (2), 479-488
Baron, A. R., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial: Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Benson, P. R. (2014). Coping and psychological adjustment among mothers of children with asd: An accelerated longitudinal study. Springer Science, 44, 1793-1807.
Darsitawati, I. G. A. P., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2015). Hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada perempuan usia pramenopause di Denpasar Selatan. Jurnal Psikologi Udayana, 02 (1), 1-12.
Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fatimah, E. (2010). Psikologi perkembangan: perkembangan peserta didik. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Goleman, D. (2016). Emotional intelligence: mengapa ei lebih penting daripada iq. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gerungan, W. A. (2010). Psikologi sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Labola, Y. A. (2017). Data anak autisme belum akurat? Diakses pada tanggal 10 November 2017 pukul 11.02 Wita dari www.kompasiana.com/yos08/anak-autisme-tersisih_58eb4717af7a61ec1378f3e7
Mashar, R. (2011). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Jakarta: Prenada Media Group
Masyhuri & Zainuddin, M. (2008). Metodologi penelitian: pendekatan praktis dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Miranda, D. (2013). Strategi coping dan kelelahan emosional (emotional exhaustion) pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Psikoborneo, 1 (2), 64-71.
Mulyadi, K. (2011). Autism is treatable. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Musfiqon, H. M. (2012). Panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakataraya.
Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: pengantar dan teori. Jakarta: Salemba Medika.
Ni’matuzzakiyah, E. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri mahasiswa santri keperawatan Surya Global Potorono Banguntapan. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Surya Medika, 9 (1), 51-59.
Rahayuningsih., & Adriani. (2011). Gambaran penyesuaian diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Banda Aceh. Jurnal Psikologi, 11 (3).
Rohmad & Supriyanto. (2015). Pengantar stastika: praktis bagi pengajar dan mahasiswa. Yogyakarta: Kalimedia.
Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada statistic multivariate. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santrock, W. J. (2012). Perkembangan anak: Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Senjari, I. (2017). Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak dalam prespektif hadis. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Sim, S., & Bang, M. (2016). Emotional intelligence, stress coping and adjustment to college life in nursing students. International Journal of Bio-Science and Bio-Technology, 8 (3), 21-32.
Sugiyono. (2014). Statistik untuk penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suryono & Anggreani, M. D. (2013). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif: Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Media.
Utami, D. F. (2012). Kenapa aku autis? Diakses pada tanggal 22 November 2017 pukul 16.27 Wita dari www.fimadani.com/kenapa-aku-autis/
Wade, C,. & Tavris, W. (2007). Psikologi umum edisi kesembilan jilid 1. Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id