Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Yang Menjadi Korban Perundungan
Saskya Devi Larasati Sulistya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya perundungan yang terjadi disekolah dan bagaimana pola asuh orangtua agar anaknya dapat mempertahankan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar pada anak yang menjadi korban perundungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penilaian ini adalah 120 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sample. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola asuh orang tua dan prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara hubungan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar pada anak yang menjadi korban perundungan dengan nilai rhitung = 0.860 > rtabel = 0.195 dan p = 0.000 yang artinya pola asuh orangtua dengan segala aspek yang terkandung di dalamnya memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar pada anak yang menjadi korban perundungan.
Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fatih, M. 2013. Pengaruh pola asuh dan self efficacy terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN kepanjen kidul 3 kota blitar. Tesis. Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Hurlock, Elizabeth, B. (1997). Perkembangan Anak Jilid I. Edisi ke enam. Jakarta: Erlangga
Nasution. (2011). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Lisda, S., Rini, F., Adriansyah M.A. (2019). Hubungan antara empati dengan respect, pada mahasiswa program studi psikologi angkatan 2016 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas mulawarman. Jurnal Psikologi. Psikostudia. 8 (1), 20-28.
Department of Psychology Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id