Peran Kecerdasan Emosional Mahasiswa Selama Pandemi Covid 19 Dapat Menghindari Pemicu Kecemasan Selama Kuliah Daring?

Rahayu Sukman, Rina Rifayanti, Andreas Agung Kristanto

Abstract


This study aims to determine the relationship between emotional inteligence and academic anxiety in students of the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University who are studying online during the covid 19 pandemic. This study uses a quantitative approach with a subject of 100 students of the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University. Selected through purposive sampling teachnique. The measuring instrument used in this study used the emotional intelligence scale and the academic anxiety scale. The data analysis technique used the Product Moment correlation statistical test. The results showed that there was a significant relationship between emotional intelligence and academic anxiety in students studying online during the covid 19 pandemic with an r value of -0.361 > r table 0.165 and a sig value of 0.000 (p<0.05) which indicates that there is a relationship with negative direction. This means that the higher the emotional intelligence, the lower the academic anxiety, conversely if the lower the emotional intelligence, the higher the academic anxiety in students studying online during the covid 19 pandemic. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kecemasan akademik pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang berkuliah secara daring di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek sebanyak 100 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulwarman yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala kecemasan akademik. Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan akademik pada mahasiswa yang berkuliah secara daring di masa pandemi covid 19 dengan nilai r hitung -0.361 > r tabel 0.165 dan nilai sig 0.000 (p< 0.05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan dengan arah negatif. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah kecemasan akademik, sebaliknya jika semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin tinggi kecemasan akademik pada mahasiswa yang berkuliah secara daring di masa pandemi covid 19. 


Keywords


Academic Anxiety; Emotional Intelligence; Covid 19

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2017). Model Peningkatan Kesuksesan Karir Obyektif Dan Subyektif Pada Dosen Ptis (Perguruan Tinggi Islam Swasta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 107. https://doi.org/10.30659/ekobis.18.2.107-118

Agung, G., & Budiani, M. S. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 6.

Aristawati, A. R., Pratitis, N., & Ananta, A. (2020). Kecemasan Akademik Mahasiswa Menjelang Ujian Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 73–80.

Basri, B. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 1(2), 89–94. https://doi.org/10.47647/jsh.v1i2.127

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287(March), 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Christianto, L. P., Kristiana, R., Franztius, D. N., Santoso, D., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras, 3(1), 67–82.

CNBC. (2020). Covid RI Nyaris 500 Ribu, Ramalan Ngeri Awal Pandemi Terjadi? CNBC.

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656

Feist, J., G. J. F. (2013). Teori Kepribadian. Salemba Humanika.

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan Emosional Dan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Skripsi di Universitas Syiah Kuala. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.60

Goleman. (2016). Emotional Intelligence. Gramedia Purtaka Utama.

Grupe, D. W., & Nitschke, B. J. (2013). Uncertainty and Anticipation in Anxiety: An integrated neurobiological and psychological perspective. Nat Rev Neurosci, 14(7), 488-501. http://doi.org/10.1038/nrn3524.

Kashdan, B.T., Diener, R. . (2015). The Power of Negative Emotion. GRANTHAM BOOK SERVICES.

Kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.

Magdalina, Y. Y., Sinaga, J. P., & Armyanti, I. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Tingkat Gejala Kecemasan Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Cdk, 46(9), 571–579.

Mahato, B., & Jangir, S. (2012). A Study on Academic Anxiety among Adolescents of Minicoy Island. International Journal of Science and Research, 1(3), 12–14. www.ijsr.net

Maujud, F., Isrososiawan, S., & Nurman, M. (2019). Budaya merupakan salah satu disiplin ilmu Antropologi Sosial. Secara bahasa, budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddayah, bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal (Koentjadiningrat, hlm. 1974). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998. 17(2), 149–170.

Mukholi. (2018). Kecemasan dalam proses belajar. Jurnal Eksponen , 8(1), 1-8.

Nuraini, D. E., Psikologi, P. S., & Samarinda, U. M. (2013). Pensiun Pada Pns. 1(3), 192–196.

Purnamarini, D. P. A., Setiawan, T. I., & Hidayat, D. R. (2016). PENGARUH TERAPI EXPRESSIVE WRITING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN SAAT UJIAN SEKOLAH (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 36. https://doi.org/10.21009/insight.051.06

Puspitasari, R. T. (2013). Adversitay quotient dengan kecemasan menghadapi skripsi pada mahasiswa fakultas psikologi universitas Muhammadiyah malang. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 1–68.

Sanitiara, Nazriati., E, F. (2014). Hubungan Kecemasan Akademis dengan Regulasi Diri dalam belajar pada mahasiswa tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014. JOM FK, 1(2), 9.

Satria, M. R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sun, N., Wei, L., Shi, S., Jiao, D., Song, R., & Ma, L. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.

Unmul.ac.id. (2020). Cegah Penyebaran COVID-19, UNMUL Jalankan Kuliah Daring dan Tunda Wisuda.

Zacher, H., Rudolph, C. W., & Posch, M. (2021). Individual Differences and Changes in Self-Reported Work Performance during the Early Stages of the COVID-19 Pandemic. Zeitschrift Fur Arbeits- Und Organisationspsychologie, 65(4), 188–201. https://doi.org/10.1026/0932-4089/a000365




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id