Peran Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Dita Arsandi Mirna Sari, Diah Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 380 mahasiswa angkatan 2016-2017 yang dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala efikasi diri (28 butir α = 0.803) dan stres akademik (28 butir α = 0.812). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Artinya bahwa mahasiswa yang memiliki efikasi diri yang baik akan memiliki stres akademik yang rendah, hal ini juga ditunjukkan dari sumbangan efektif efikasi diri sebesar 67.3%.

Keywords


Stres akademik, efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Agung, G., & Budiani, M. S. (2013). Hubungan kecerdasan emosi dan self efficacy dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 1-5.

Agusmar, A.Y., Vani, A. T., & Wahyuni, S. (2019). Perbandingan tingkat stres pada mahasiswa angkatan 2018 dengan angkatan 2015. Health & Medical Journal, 1(2), 34-37. doi: 10.33854/heme.v1i2.238

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswatingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127-134. doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Alvin. (2007). andling Study Stress : Panduan agar Anda Bisa Belajar bersama Anak-anak Anda. Elex Media Komputindo.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Association, A. C. H. (2015). American college health association-national college health assessment (ACHA-NCHA-II). Group data report-spring 2015

Anwar, A. I. D. (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Iniversitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Arsaningtias, R. P. (2017). Analisi faktor stressor yang berhubungan dengan stres mahasiswa program studi S1 yang melaksanakan skripsi di Universitas Airlangga Surabaya. https://repository.unair.ac.id/74982/

Backovic, D.V., Zivojinovic, J.I., Maksimovic, J., & Maksimovic, M. (2012). Gender differences in academic stress and burnout among medical students in final years of education. Psychiatria Danubina Journal, 24(2), 175–181.

Bandura, A. (2010). Self efficacy mechanism in psikological and health promoting behavior. Prentice hall.

Efendi, D. H., Sandayanti, V., & Hutasuhut, A. F. (n.d.). Hubungan Efikasi Diri Dengan Regulasi Diri Dalam Psychology, Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. 2020, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.24042/ajp.v3i1.6046

Gunawan, M. (2013). Statistik untuk penelitian pendidikan. Parama publishing.

Hernawati N. (2006). Tingkat stres dan strategi koping menghadapi stres pada mahasiswa tingkat persiapan bersama tahun akademik 2005/2006. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 11(2), 43–49.

K. Chun Ng, W.-K. Chiu, dan B. Y. F. F. (2016). A Review of Academic Stress among Hong Kong Undergraduate Students,” J. Mod. Educ.Rev.: Vol. 6 no. https://doi.org/doi: 10.15341/jmer(2155-7993)/08.06.2016/003.

Martadina. (2015). Hubungan antara stresor akademik dan prokrastinasi akademik terhadap keyakinan diri siswa kelas XI SMAN 1 Cicurug. Psiko Edukasi, 13(2), 158–171.

Robotham, D. (2008). Stres among higher education students: Towards a research agenda. Springer Science+Business Media B.V, 56(3), 735-746.

Sarafino, E. (2006). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). John Willey & Sons Inc.

Steven, W., Sahrah, A. (2019). Pengaruh kecerdasan emosi dan efikasi diri terhadap stres kerja pada karyawan nu imej agency and event organizer Yogyakarta. Sosial dan humaniora.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Suharyadi & Purwanto. (2004). Metodologi Penelitian. Gramedia Pustaka Utama.

Veronica, K.N. (2015). Identifikasi faktor penyebab stres akademik pada siswa rsbi kelas VIII di yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/16069/




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id