Penyesuaian Akademik Pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Efikasi Diri
Abstract
This study aims to determine the relationship between self-efficacy and academic adjustment of students during online learning. This study uses a quantitative approach. The subjects in this study were 290 students who took part in online learning in the city of Samarinda who were selected using a simple random sampling technique. The data collection method used is the self-efficacy scale and academic adjustment scale. The data analysis technique uses a non-parametric correlation test of Kendall's Tau_b. The results show that there is a positive and significant relationship between self-efficacy and academic adjustment in students during online learning with an r-count value of 0.365 > r table 0.115 and a sig value of 0.000 (p <0.05). That is, the higher the self-efficacy, the higher the academic adjustment of students during online learning. Conversely, the lower the self-efficacy of students, the lower the academic adjustment of students during online learning. Self-efficacy contributes 36.5% to academic adjustment, while 63.5% of academic adjustment experienced by students is influenced by other variables not examined in this study.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 290 siswa yang mengikuti pembelajaran daring di kota Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri dan skala penyesuaian akademik. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi non parametrik Kendall’s Tau_b. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring dengan nilai r hitung 0.365 > r tabel 0.115 dan nilai sig 0.000 (p < 0.05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pula penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri pada siswa maka semakin rendah pula penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring. Efikasi diri memberikan kontribusi pengaruh sebesar 36.5% terhadap penyesuaian akademik, sedangkan 63.5% penyesuaian akademik yang dialami siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistika pendidikan (teori dan praktik dalam pendidikan) (S. Syarbaini (ed.)). CV Widya Puspita. Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/Statistik_Pendidikan_Teori_Dan_Praktik_D/ugMhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Statistika+pendidikan+:+teori+dan+praktik+dalam++pendidikan.+Medan:+Widya+Puspita.&pg=PP5&printsec=frontcover
Anggraini, O. D., Wahyuni, E. N., & Soejanto, T. L. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMAN 1 Trawas. Jurnal konseling Indonesia, 2(2), 50–56. Diakses dari http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. Diakses dari https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Anugraheni, A. R., & Faizah, R. H. (2021). Pengaruh penyesuaian akademik dan motivasi akademik terhadap technostress pada mahasiswa. Borobudur Psychology Review, 01(02), 1–13. Diakses dari https://doi.org/10.31603/bpsr.5808
Bin Hasan, M. Z., Bin Hossain, M. T., & Islam, M. A. (2014). Factors affecting self-efficacy towards academic performance: A study on polytechnic students in Malaysia. Journal Advances in Environmental Biology, 8(9 SPEC. ISSUE 4), 695–705. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/263807314
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. Diakses dari https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Daniel, S. J. (2020). Education and the covid-19 pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. Diakses dari https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari indonesia bagian timur di semarang. Jurnal Empati, 7(April), 66–79. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21669
Ghufron, M. N. (2018). Penyesuaian akademik tahun pertama ditinjau dari efikasi diri mahasiswa. Journal of Guidance and Counseling, 1(1), 66–81. Diakses dari https://doi.org/10.21043/konseling.v1i1.3860
Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran konsep diri dan efikasi diri terhadap kematangan karier mahasiswa fakultas kedokteran unviversitas udayana. Psikologi Udayana, 5(1), 23–34. Diakses dari https://doi.org/10.24843/JPU.2018.v05.i01.p03
Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 138–159. Diakses dari https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.5992
Kemendikbud. (2020a). Data peserta didik provinsi Kalimantan timur semester 2020/2021. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020b). Surat edaran mendikbud No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Khotimatussannah, N., Khairunisya, N., Pitaliki, T., & Anggraeni, A. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian akademik dimasa pembelajaran online pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung. Sosial dan Humaniora, 3(1), 29–36. Diakses dari https://doi.org/10.52496/rasi.v3i1.120
Lidya, S. F., & Darmayanti, N. (2015). Self-efficacy akademik dan penyesuaian diri. Jurnal Diversita, 1(1), 43–55. Diakses dari https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/1083/1093
Mahesti, N. P. R. E., & Rustika, I. M. (2020). Peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap resiliensi pada mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 53. Diakses dari https://doi.org/10.24843/jpu.2020.v07.i02.p06
Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Al-Mau’izhoh, 2(2), 1–14. Diakses dari https://doi.org/10.31949/am.v2i2.2293
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2012). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68. Diakses dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/1077/949
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2, 1–12. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Sopiyanti, F. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap penyesuaian akademik mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289–304. Diakses dari https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.2197
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Cetakan ke). ALFABRTA, CV.
Sulistiono, T., & Affandi, G. R. (2021). Efikasi diri akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo fakultas bisnis hukum dan ilmu sosial. Academia Open, 5, 1–9. Diakses dari https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2217
Tullah, H., Kosim, Zuhdi, M., & Makhrus, M. (2022). Analisis pola belajar luring dan daring pada mahasiswa Pendidikan fisika universitas mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 259–269. Diakses dari https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.400
Warda, F. S., Noorlaila, F., & Sulistiana, D. (2020). Profil efikasi diri akademik siswa smk serta implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Empati, 7(2), 34–48. Diakses dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/6282
Warsito, H. (2009). Hubungan antara selfi-efficacy dengan penyesuian akademik dan prestasi akademik (studi pada mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX(1), 29–47. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id