Self-Control dan Impulsive Buying Wanita Dewasa Awal Pada Masa Pandemi
Abstract
This study is a quantitative study that aims to determine the relationship between self-control and impulsive buying of early adult women in Kudus Regency during the pandemic. The participants in this study were 111 early adult women in Kudus Regency aged 20-30 years. The sampling technique used is incidental sampling technique. The scale used in this study is the Full Self Control Scale and the Impulsive Buying Scale, and the questionnaire was distributed online. The results of the study using the Pearson Product Moment technique showed that there was a weak correlation with the direction of a negative relationship between self-control and impulsive buying, with a value of r = -0.235 with a significance value of 0.007 (p<0.05), which means the more individuals have good or high self-control, the individual's impulsive buying behavior is lower, and vice versa. So, it can be concluded that to have low impulsive buying behavior, early adult women need to have high self-control.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-control dengan impulsive buying wanita dewasa awal di Kabupaten Kudus pada masa pandemi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 111 wanita dewasa awal di Kabupaten Kudus yang berusia 20-30 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik insidental sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Full Self Control Scale dan Impulsive Buying Scale, dan kuisioner disebarkan secara online. Hasil penelitian dengan teknik Product Moment Pearson menunjukkan adanya hubungan korelasi yang lemah dengan arah hubungan negatif antara self-control dengan impulsive buying, dengan nilai r = -0,235 dengan nilai signifikansi 0,007 (p<0,05), yang berarti semakin individu memiliki self-control yang baik/tinggi, maka semakin rendah perilaku impulsive buying, atau sebaliknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk memiliki perilaku impulsive buying yang rendah, wanita dewasa awal perlu memiliki self-control yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. R., & Hartati, S. (2017). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 123–130. https://doi.org/10.22146/gamajop.44103
Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84.
Arifianti, Ria & Gunawan, W. (2020). Perilaku Impulse Buying Dan Interaksi Sosial Dalam Pembelian Di Masa Pandemi. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 5(2), 43–60. https://jurnal.unpad.ac.id/sosioglobal/article/view/30759/pdf
Anin, A., BS, R., & Atamimi, N. (2008). Hubungan Self Monitoring Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 35(2), 181–193. https://doi.org/10.24176/perseptual.v4i2.3702
Arisandy, D. (2017). Kontrol diri Ditinjau dari Impulsive Buyying Pada Belanja Online. Jurnal Ilmiah Psyche, 11(2), 63–74.
Aulia, S. (2018). Pengaruh kebersyukuran dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Psikologi angkatan 2014 UIN Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13565
Averill, J. R. (1973). Personal Control Over Aversive Stimuli and Its Relationship To Stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Burhan, F. A. (2020). Riset KIC: Perempuan Lebih Sering Belanja di E-Commerce Ketimbang Pria. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/5f297dd1ae890/riset-kic-perempuan-lebih-sering-belanja-di-e-commerce-ketimbang-pria
Burkley, E. (2008). The role of self-control in resistance to persuasion. Personality and Social Psychology Bulletin, 34(3), 419–431. https://doi.org/10.1177/0146167207310458
Cokroyolis, C. (2019). Hubungan Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan Melalui Online Shopping di Kalangan Mahasiswi. Hubungan Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan Melalui Online Shopping di Kalangan Mahasiswi. http://repository.untar.ac.id/id/eprint/14680
Fadhilah, M. F. (2021). Hubungan Self Control Dengan Impulsive Buying Pada perempuan Dewasa Awal. 81. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49856
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Ustiawaty, R. A. F. J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R.R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hastuti, L. W. (2018). Kontrol Diri dan Agresi : Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 26(1), 42–53. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.32805
Henrietta, P. (2012). Impulsive Buying Pada Dewasa Awal Di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip, 11(2), 6. https://doi.org/10.14710/jpu.11.2.6
Istiqlal, A. H. (2019). Hubungan kontrol diri dengan Impulse Buying pada mahasiswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30668
Julianti, A. (2020). Kecemasan dan Pembelian Impulsif pada Saat Pandemi Covid-19. UG Jurnal, 14(12), 23–31.
Kelly, H. A., Priest, P. C., Mercer, G. N., & Dowse, G. K. (2011). We should not be complacent about our population-based public health response to the first influenza pandemic of the 21st century. BMC Public Health, 11, 1–7. https://doi.org/10.1186/1471-2458-11-78
Kemenprin. (2020, November 24). Dampak Pandemi, Transaksi Belanja Online Produk Kosmetik Naik 80%. Kemenprin.Go.Id. https://kemenperin.go.id/artikel/22137/Dampak-Pandemi,-Transaksi-Belanja-Online-Produk-Kosmetik-Naik-80
Kirigia, J. M., & Muthuri, R. N. D. K. (2020). The fiscal value of human lives lost from coronavirus disease (COVID-19) in China. BMC Research Notes, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/s13104-020-05044-y
Kompas.com. (2020, March 2). Diumumkan Awal Maret, Ahli : Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.Com, 1. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari?page=all
Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2014). Mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya Yang Melakukan Pembelian Secara Online. Jurnal Psikologi Universitas Negeri Surabaya, 2(3), 1–8.
Lestari, S. P., & Hidayati, M. (2020). Online Shop Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Di Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah, 9(2), 132–148.
Nasution, D. A. ., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212–224. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.665
Permana, S. N., & Adelina, I. (2021). Hubungan Trait Kepribadian dan Impulse Buying pada Pengguna E - Commerce “X.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5 No.1(1), 1–11.
Roberts, J. A., & Manolis, C. (2012). Cooking up a recipe for self-control: The three ingredients of self-control and its impact on impulse buying. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 173–188. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679200204
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Safirah, Y. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulsive Buying [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/34320/1/jiptummpp-gdl-yuniatisaf-42961-1-skripsi.pdf
Santrock, J. (2012). Life Span Development (N. I. Sallama (ed.); 13th ed.). Penerbit Erlangga.
Sapitri, N., & Suprapti, N. (2014). Hubungan Variabel Demografi Dengan Perilaku Pembelian Impulsif Yang Dimoderasi Kepemilikan Kartu Kredit Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(10), 3117–3133.
Saputra, D. (2021, April 23). Genie Indonesia : Belanja Online Meningkat Drastis Selama pandemi. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210423/12/1385451/genie-indonesia-belanja-online-meningkat-drastis-selama-pandemi
Sari, I. K., & Uyun, Z. (2013). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa dalam Menggunakan Produk Fashion Bermerek (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38699
Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Semuel, H. (2007). Pengaruh Stimulus Media Iklan, Uang Saku, Usia, Dan Gender Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Produk Pariwisata). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1). http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/17012
Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi Diri Dan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja Perempuan Yang Berbelanja Online. Jurnal Psikologi, 12(2), 213–224. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445
Tangney, J. P., Boone, A. L., & Baumeister, R. F. (2004). High Self-Control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Self-Regulation and Self-Control: Selected Works of Roy F. Baumeister, 72(2), 271–322. https://doi.org/10.4324/9781315175775
Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.), 71–83. https://doi.org/10.1002/per.423
Wahdah, N. I. (2016). Hubungan Kontrol Diri dan Pengungkapan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Facebook Pada Siswa SMP Sunan Giri Malang [UIN Malik Ibrahim Malang]. Undergraduate Thesis. http://etheses.uin-malang.ac.id/5238/1/12410197.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.9100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id