PENINGKATAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan serta ketepatan waktu. Prestasi kerja pegawai pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur sudah baik, yang tercermin dari kuantitas hasil kerja melalui pemanfaatan waktu kerja secara maksimal, tercapainya efektivitas kerja pegawai, adanya supervisi pimpinan berupa pengawasan dan koordinasi yang baik kepada bawahan serta pelaksanaan pekerjaan yang ditunjang oleh kepribadian yang baik pada diri pegawai. Walaupun untuk kualitas hasil kerja pegawai masih kurang akibat masih ditemukannya kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaan. Adapun faktor pendukung upaya peningkatan prestasi kerja pegawai pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur antara lain sebagai berikut: (1) Ruangan kerja yang memadai dan representatif bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing Bagian, (2) Ketersediaan fasilitas kerja yang memadai, (3) Pemenuhan kesejahteraan pegawai melalui pemberian Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) bagi pegawai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya motivasi dari pimpinan untuk kemajuan organisasi.
Full Text:
PDFReferences
Anonim, Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Jakarta.
Dharma, Agus. Manajemen Prestasi Kerja. Rajawali Press, Jakarta, 1991.
Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia ; Dasar dan Kunci Keberhasilannya. Haji Masagun. Jakrata, 1992.
Komaruddin. Manajemen Berdasarkan Sasaran. Bumi Akasara. Jakarta, 1994.
Moenir, H.A.S. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan Kelima. Bumi Aksara. Jakarta, 2001.
Rachmawati, Ike Kusdyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta, 2002.
Russel, T.V. dan Bernandin. Penilaian Prestasi Kerja, Teori dan Praktek. Seri Manajemen Nomor 9. Pustaka Binaman Pressindo, 1995.
Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Kesepuluh. Bumi Akasara. Jakarta, 2003.
Sopiah. Perilaku Organisasional. Edisi Pertama. Andi. Yogyakarta, 2008.
Steers, Richard M. Efektivitas Organisasi. Seri Manajemen 47. Erlangga. Jakarta, 1984.
Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Cetakan Kedua. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2010.
Timple, A. Dale. Kinerja (Perfomance) Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia. Jakarta, 2001.
DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v1i4.492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709
Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.