Pemanfaatan Strategi Content Marketing Digital untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan UMKM: Studi pada DKM Cake & Cookies Jember

Anjas Bayu Angga, Edy Wahyudi, Yuslinda Dwi Handini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemasaran konten yang diterapkan oleh DKM Cake & Cookies Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi dari berbagai platform media sosial yang digunakan oleh DKM, seperti Instagram, TikTok, dan Facebook. Analisis dilakukan dengan mengacu pada lima dimensi utama dalam pemasaran konten, yaitu kognisi pembaca, motivasi berbagi, persuasi, pengambilan keputusan, dan faktor kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran konten yang kuat, seperti penggunaan video pendek dan foto produk yang estetik, dapat meningkatkan brand awareness dan customer engagement. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konkret bagi DKM Cake and Cookies dalam mengimplementasikan content marketing yang lebih efektif.


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Bharata, W. (2016). Peran Layanan Jasa Search Engine Optimization untuk Meningkatkan Daya Saing pada Bisnis Startup (Studi pada Kaldera Trail and Jeep Adventure Malang). Al Tijarah, 2(2), 169-189.

Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 98-114.

Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23

Ibrizah, Z., Nurrohman, R., Hidayah, A., & Prajuliyanto, A. (2025). OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM GRESIK UNITED UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 1718-1728.

Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 225–238. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4784

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing. Pearson, 1–21.

Liyanti, N., & Ibnu, A. R. (2022). Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 179–184. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6329

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Nurrohman, R. (2025). Optimizing Search Engine Optimization (SEO) and User Experience (UX) on Local Online Business Training Websites: A Comparative Study of Young Entrepreneur Community Platforms. Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 10(1), 87-100.

Nurrohman, R., Astuti, E. S., & Yulianto, E. (2023). The effect of e-CRM implementation and e-service quality on corporate image and customer satisfaction and its impact on customer loyalty. Profit: Jurnal Adminsitrasi Bisnis, 17(2), 167-179.

Octavianti, M., & Rahmawan, D. (2023). Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal PT Social Bella Indonesia atau dikenal dengan Sociolla merupakan sebuah perusahaan. 1(1), 75–87.

Pratiwi, A., Kamila, N., & Haifa, W. (2023). Komunikasi Pemasaran Digital Produk Cake and Cookies Dalam Meningkatkan Penjualan Komunitas Umkm. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 72–84. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2479

Putra, S. J., & Hartini, Y. (2021). Perancangan Branding UMKM Mr & Mrs Cake Shop Lombok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 297–304. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6427

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D.

Syafarina, F. I., Wahyudi, E., & Khristianto, W. (2024). Implementasi Inovasi Produk Pada DKM Cakes & Cookies Jember. 2(1), 1–11.

Aidah, M., & Bharata, W. (2025). PELATIHAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI ALAT STRATEGI PEMASARAN UMKM NUSANTARA 81 CITRA NIAGA, KOTA SAMARINDA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 1029-1035.

Utami, T., Purnomo, B., Estiana, R., Padilah, H., Harto, B., Judijanto, L., ... & Nurrohman, R. (2024). UMKM DIGITAL: Teori dan Implementasi UMKM pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yula, A. M., & Nurrohman, R. (2025). ORKESTRASI DIGITAL MARKETING MELALUI SOCIAL MEDIA DI ERA DIGITAL TRANSFORMATION: SEBUAH UPAYA BERKELANJUTAN OLEH NF AKADEMI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(7), 2989-2999.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i1.21105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.