Psikoedukasi Digital Parenting untuk Orangtua yang Memiliki Anak dan Remaja Pengguna Internet

Primatia Yogi Wulandari, Triana Kesuma Dewi

Abstract


Nowadays, technology and the Internet have become the primary needs of every human, including children and adolescents. However, internet excessive use can potentially lead to negative developments such as addiction. On the other side, internet use is closely linked to parenting practice at home. Thus, this community service activity aims to increase parents' understanding of Digital Parenting in accompanying their children in the developmental stages of childhood and adolescence. The methods are case presentations, interactive lectures, audiovisual, practices, group discussions, case analysis, and role-playing. This community service activity was carried out on September 16th, 2023, with Seri Mini Sharing Psychology (SMSP) Yogyakarta, a community that has a mission in social, charity, and community culture sectors. The results showed an improvement in parental understanding of Digital Parenting, which indicated an increasing score between the pre-test and post-test by 82% of participants. It can be concluded that this digital parenting psycho-education activity can be one of the solutions for parents to accompany their children when using the Internet.

Teknologi dan internet merupakan kebutuhan utama bagi setiap individu saat ini, termasuk juga anak dan remaja, meskipun demikian penggunaan yang berlebihan dapat berpotensi terjadinya perkembangan yang negatif seperti adiksi atau kecanduan. Di sisi lain, penggunaan internet erat kaitannya dengan pengasuhan dan pendampingan orangtua di rumah. Dengan demikian, tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman orangtua tentang pengasuhan Digital Parenting dalam mendampingi putra putrinya yang berada pada tahapan perkembangan anak dan remaja. Metode kegiatannya meliputi pemaparan kasus, ceramah interaktif, audiovisual, praktik, diskusi kelompok, analisis kasus, dan bermain peran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 16 September 2023 bersama mitra Seri Mini Sharing Psikologi (SMSP) Yogyakarta yang merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial, amal, dan budaya masyarakat. Hasil menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman pada orangtua, yang ditunjukkan adanya peningkatan nilai antara pre-test dan post-test yang dialami 82% peserta. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan psikoedukasi Digital Parenting dapat menjadi salah satu solusi bagi orangtua dalam mendampingi anak dan remajanya saat menggunakan internet.


Keywords


psychoeducation; digital parenting; parents; children; adolescents; internet users

Full Text:

FULL TEXT

References


Anggraeni, D., & Juhriati, I. (2023). Gaya Pengasuhan yang Sesuai untuk Anak Usia Dini Pada Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3014–3020.

Anggraini, G., Sofia, A., Rizky, D., & Een, Y. (2021). Digital Parenting: Pelatihan Kompetensi Pengasuhan Orang Tua (Parenting) Anak Usia Dini di Era Milenial. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1191–1201.

Aruf, M. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. APJII, 1–2.

Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1–18.

Donald, J., Ciarrochi, J., & Sahdra, B. (2022). The consequences of compulsion: A 4-year longitudinal study of compulsive internet use and emotion regulation difficulties. Emotion, 22(4), 678–679.

Fatmawati, N., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.

Fauziyah, L. (2023). Pengaruh FIlm Pendek dan Google Apps Terhadap Literasi Digital dalam Pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun 2023/2024. Digital Library Unkhas, 1(1), 1–18.

Gultom, J., & Sophia, S. (2022). Kedudukan Bapa Rohani Dalam Penggembalaan Generasi Digital Menurut 1 Korintus 4: 14-21. Jurnal Teologi Gracia Deo, 4(2), 291–314.

Hariyadi, S., Hartati, M., Sunawan, S., Isrofin, B., Mawadah, Z., & Kurniawati, S. (2022). Game Based learning dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1), 22–34.

Hendrawaty, E., Febrianto, I., Panjinegara, & Huzaimah. (2017). Edukasi literasi keuangan untuk meningkatkan kemampuan mengakses pendanaan bagi umkm di desa pancasila kecamatan natar kabupaten lampung selatan. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Penelitian Bidang Ekonomi-Bisnis Serta Pembangunan Masyarakat (1st ed., Vol. 1). Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Penelitian Bidang Ekonomi-Bisnis Serta Pembangunan Masyarakat.

Ismayanti, P., & Hastuti, D. (2017). Kenakalan Pada Remaja Andikpas (Anak Didik Lapas): Pengaruh Komunikasi Orang Tua Atau Self-Esteem. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 10(1), 36–46.

Megawati, M., Ansar, W., Mukarammah, N., & Afni, S. (2024). Psikoedukasi Adaptasi Sosial Pada Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)Di Universitas Malikussaleh. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27–31.

Muahor, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua melalui Program Smart Parenting dengan Pendekatan Hypnoparenting tentang Kemandirian Belajar, Gaya Belajar dan Resiliensi Matematis Siswa di Era Digital. GEOMATH, 2(1), 61–89.

Mubara, K. (2017). Smartmom untuk Generasi Smart: Panduan Parenting di Era Digital (1st ed., Vol. 1). Diva Press.

Mubarok, F. (2022). Pemanfaatan New Media untuk Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 28–42.

Nadziroh, L. (2018). Peran keluarga dalam mengatasi anak kecanduan pornografi . Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Novianti, R., Hukmi, H., & Maria, I. (2019). Generasi alpha–tumbuh dengan gadget dalam genggaman. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 8(2), 65–70.

Pan, P., & Yeh, C. (2018). Internet addiction among adolescents may predict self-harm/suicidal behavior: a prospective study. The Journal of Pediatrics, 197(1), 262–267.

Panagiotidi, M., Overton, P., & Stafford, T. (2018). The relationship between ADHD traits and sensory sensitivity in the general population. Comprehensive Psychiatry, 20(1), 179–185.

Pasaribu, L., Harahap, N., Pitriyani, E., Syahputra, R., & Listiana, W. (2023). Socialization Of The Role Of Parents And Teachers In Developing The Morale Of Elementary School Students In the Era of Globalization in Batang Nadengan Village. Jurnal Bima, 1(1), 1–8.

Putro, A., Wajdi, M., Siyono, S., & Perdana, A. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital (1st ed., Vol. 2). Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia.

Rachma, W. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Literasi Digital Tergadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi (Survey Pada Peserta Didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang TA 2022/2023 Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa). FKIP UNPAS.

Saputri, A., & Pambudi, D. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini (1st ed., Vol. 1). Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE).

Savira, A. (2020). Praktik Mom Shaming Oleh Netizen Indonesia Terhadap Selebriti Yang Melakukan Sharenting Di Media Sosial Analisis Tekstual Pada Akun Instagram@ Andienaisyah Dan@ Rachelvennya. Universitas AIrlangga.

Setiawati, Y., & Fithriyah, I. (2020). Deteksi dini dan penanganan kecanduan gawai pada anak. (1st ed., Vol. 1). Airlangga University Press.

Sofiana, S., Muhammad, R., & Sartika, E. (2021). Digital Parenting untuk Menumbuhkan Online Reselience pada Remaja. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 4(1), 1–8.

Supriyanti, W., & Maryam, M. (2021). Pelatihan Aplikasi Parental Control Guna Membangun Kebiasaan Penggunaan Gadget Yang Sehat Pada Anak. Abdi Teknoyasa, 1(1), 38–45.

Takhudin, M. (2022). Pengaruh Media Audio Podcast Terhadap Pemahaman Pendidikan Seksualitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Semarang. Universitas PGRI Semarang, 1(1), 1–20.

Thoha, P., Kurniawan, R., & Faristiana, A. (2023). Perubahan Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Di Era Digital. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 415–431.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v6i1.14467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Primatia Yogi Wulandari, Triana Kesuma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id