Kualitas Produksi dan Loyalitas Konsumen

Yuliar Kartika Wijayanti, Novi Andari, Luluk Ulfa Hasanah

Abstract


Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk menyempurnakan 7 dimensi yang harus ada dalam sebuah kualitas produk pada produk camilan makanan olahan Canoi produksi dari IKM Arfifood Jl. Kenjeran Surabaya Jawa Timur sebagai mitra kegiatan ini. Target kegiatan yang harus terlaksana dalam pendampingan terhadap mitra guna meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi Camilan Makanan Olahan Canoi adalah dengan pendampingan pembelian alat produksi yang dibutuhkan berupa mesin spinner yang berfungsi untuk menyerap kadar minyak dalam produk sehingga dapat bertahan lama dan cita rasa produk dapat terjaga. Pemberian pelatihan berupa proses produksi juga perlu dilakukan karena produsen ini masih dalam sekala Industri Kecil Menengah guna membantu dalam peningkatan kapasitas usahanya menjadi lebih besar. Berdasarkan monitoring dan evaluasi setelah diberikan bantuan, IKM Arfifood mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan tuntutan 7 dimensi tersebut dan mampu memproduksi dengan volume yang lebih besar. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dan mulainya kepercayaan konsumen terhadap produk.

 

This Community Service aims to improve the 7 dimensions that must exist in a product quality in Canoi processed snack products produced by IKM Arfifood Jl. Kenjeran Surabaya, East Java as a partner of this activity. The target of activities that must be carried out in mentoring partners to improve the quality and production capacity of Canoi Processed Snacks is to assist in purchasing the required production equipment in the form of a spinner machine that functions to absorb the oil content in the product so that it can last a long time and the taste of the product can be maintained. The provision of training in the form of production processes also needs to be carried out because these producers are still on the scale of Small and Medium Industries to assist in increasing their business capacity to become larger. Based on monitoring and evaluation after being given assistance, IKM Arfifood can produce products that meet the demands of the 7 dimensions and are able to produce in larger volumes. This indicates an increase and the start of consumer confidence in the product.


Keywords


Kualitas Produksi, Produk Camilan, Persaingan Bisnis

Full Text:

PDF

References


Claudia, V.P. (2016). Analisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus pada PT Astragraphia, Tbk. Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 302-312, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13320.

Fiani, M. S. & Edwin, J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran 1(1) 1-6.

Joni, P., Bobby, T.L., Yustikarani, J.P., & Muhammad, S.W. (2019). Analisis Sumberdaya Wilayah untuk Pengembangan Industri di Provinsi Nusa Tenggara Barat. JPWK (Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota), 15(4), 275-287. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pwk.index.

Kadek, A. R. D. & I Gusti, A. K. S. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembeli Handphone Nokia dengan Citra Merek sebagai Pemediasi. Jurnal Manajemen Unud, 8(3), 1374-1400. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD2019.v8.i3.p8

Lucas, Henry J. 2000. Information Technology for Management, Irwin/McgrawHill.

Lumintang, A.A. (2013). Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 140-150, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/1950/1547.

Made, F.F. & Ni Made, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud 7(1) 441-469. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p17.

Nur, A. A., Dedik, W., Machmud, A. A. (2020). Kepuasan Konsumen Astra Motor Honda Tanjung Selor terkait Pelayanan Showroom. Jurnal Plakat 2(2) 109-117. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i2.

Prawirosentono, S. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Rineka Cipta.

Rumanintya, L.P. (2016). Peningkatan Kualitas Produk melalui Penerapan Prosedur dan Sistem Produksi : Studi pada UD. Wijaya Kusuma Kota Blitar. Jurnal WRA, 4(2), 813-828. ejournal.unp.ac.id,

Scoot, A.J. (2000). The Cultural Economy of Cities. London : Sage

Supriyadi, Yuntawati, F., Ginanjar, I. K. N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk & Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen 3(1) 136.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2012). Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: Andi Offset

Webster A. M. (1985). New International Dictionary. USA: G&C Marriam Co. Publishers, Springfield Mass.

rahmawati.skl36@gmail.com

https://g.page/canoi-camilan-olahan-indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuliar Kartika Wijayanti, Novi Andari, Luluk Ulfa Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id