Self-Efficacy and Anxiety in Facing School Exams

Nur Aini, Nengsih Sri Wahyuni, Fuad Ardiansyah

Abstract


Researchers found a problem faced by junior high school students, namely feeling unable to face computer-based exams, which can trigger feelings of anxiety. This quantitative correlational research aims to determine the relationship between self-efficacy and anxiety in junior high students when facing school exams. In this study, researchers used a purposive sampling technique with a totalof 251 junior high school students who were taking school exams and came from sorong district. The research instrument used a self-efficacy scale and an anxiety scale. This research uses two scales, namely the self-efficacy scale and the anxiety scale. The research results showed that there was a correlation of r = -0.181 and a significance value of 0.004 (p<0.05), which means there is a relationship between self-efficacy and anxiety in the remaining junior high school students in facing school exams. The higher the self-efficacy, the lower the anxiety. Conversely, the lower self-efficacy, the higher the anxiety. The results of this research can serve as a reference and provide insight for students in facing school exams to increase their sel-efficacy to minimize the anxiety that junior high school students have in facing school exams.

Peneliti menemukan suatu permasalahan yang di hadapi pada siswa SMP yaitu merasa ketidakmampuan dalam menghadapi ujian berbasis komputer sehingga dapat memicu timbulnny perasaan cemas. Penelitian kuanitatif korelasional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan pada siswa SMP dalam menghadapi Ujian Sekolah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan total partisipan sebanyak 251 siswa SMP yang sedang dalam menghadapi ujian sekolah dan berasal dari kabupaten sorong. Instrumen penelitian menggunakan skala efikasi diri dan skala kecemasan. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala efikasi diri dan skala kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar r = -0.181 dan nilai signifikansi sebesar 0,004 (p<0,05) yang berarti ada hubungan efikasi diri dengan kecemasan pada siswa SMP dalam menghadapi ujian sekolah. Makin tinggi efikasi diri maka semakin rendah kecemasannya. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin tinggi kecemasannya. Hasil dari penelitian ini bisa menjadi acuan dan memberikan wawasan untuk para siswa dalam menghadapi ujian sekolah agar dapat meningkatkan efikasi diri nya sehingga dapat meminimalisir kecemasan yang dimiliki siswa SMP dalam menghadapi ujian sekolah.


Keywords


Self-Efficacy; Anxiety; Middle School Students

Full Text:

FULL TEXT

References


Andriyai, N. (2022). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir Yang Mengerjakan Skripsi (Doctoral dissertation, UniversitasIslam Sultan Agung Semarang).

Bandura, A. (1997). Regulative function of perceived self-efficacy. In Personnel selection and classification (pp. 279-290). Psychology Press.

Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. In Journal of management (Vol. 38, Issue, 1, pp. 9-44). Sage publications Sage CA: Los Angeles,CA.

Cubukcu, F. (2008). A Study on the Correlation between Self Efficacy and Foreign Language Learning Anxiety. Online Submission, 4(1), 148-158.

Freud, S. (2013). On Freud’s “Inhibitions, symptoms and anxiety”. Internasional Psychoanalytical Association.

Feist, Jess, and Fiest, Gregory J. (2010). Teori Kepribadian. Edisi ketujuh. Terjemahan Smita Prathita Sjahputri. Jakarta: Salemba Humanika.

Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh efikasi diriterhadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counselig, 4(1), 138-159.

Harmiyumi, & Sailan, M. (2016). Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMK Komputer Mutiara Ilmu makassar. 41.

Kemendikbud, (2021). Kemendikbud Tiadakan Ujian Nasioanal.

https://www.kemedikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-tiadakan-ujian-nasional-2021. (Diakses pada 20 Maret 2023).

Lauditta, A. E., & Ariana, A. D. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan Kecemasan dalam menghadapi Ujian SBMPTN pada siswa SMA. Bul. Ris. Psikol dan Kesehat. Ment, 1(2), 1246-1252.

Litani, E. A. C., & Christian, H. S. (2024). Academic Self-efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(1), 129-135.

Mardiah, L. (2021). Penggunaan Google Fomulir Pada Ujian Satuan Pendidikan Siswa Kelas XII SMA Azharyah Palembang. Journal of Innavation in Teaching and Instructional Media, 2021, 1.1: 196-2023.

Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(02), 183-194.

Maulida, K., & Wirdanengsih, W. (20190. Upaya Yang Dilakukan Sekolah Di Daerah Terpencil Menghadapi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 2(3), 245-525.

Nurlaila, S. (2011). Pelatihan Efikasi diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional. Jurnal GUIDENA, Vol 1, No.1.

Nur ‘aini, A., Sholih, S., & Dalimunthe, R. Z. (2018). Meningkatka Efikasi Diri (Self-Efficacy) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing (PTK Pada Siswa Kelas IX SMK Negeri I Kota Serang). Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Pakpahan, R. (2016). Model ujian nasional berbasis komputer: manfaat dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 19-35.

Permana, Hara, dkk. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di MTS AL HIKMAH Brebes. Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1, Hal. 51-67.

Pranasari, Q., & Indriana, Y. (2019). HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN SISWA KELAS IXX SMA NEGERI 3 TUBAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER. Jurnal EMPATI, 7(4), 1292-1297.

Putri, S. W., Suminta, R. R., & Handayani, D. (2017). Hubungan efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa. Happiness, 1(2), 111-124.

Rismadiyanti, E. F. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UTBK 2020. Acta Psychologia, 3(2), 148-155.

Rini, H. P. (2013). Self-efficacy dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Online Psikologi, 1(1), 36-38.

Rustika, I. M. (2016). Efikasi diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1-2). Doi: 10.22146/bpsi.11945.

Salmiah, S. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Mts Al-Jamiyatul Washliyah Kecamatan Kubu Babussalam (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Suhardi, I. (2018). Kajian deskriptif perbandingan model pengujian paper based test dan computer based test: tinjauan dari aspek psikomotorik, konteks dan suasana, serta psikologi pengguna. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 5(2).

Safitri, D. P., & Masykur, A. M. (2017). Kejuaraan Nasional pada atlet tenis Lapangan Pelti Semarang. Jurnal Empati, 6(April), 98-105.

Shofiah , V., & Raudatussalamah. (2014). Self-effiacy dan self-regulation sebagai unsurpenting dalam pendidikan karakter (Aplikasi pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Tawasuf). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 214-229).

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhada stress akademik mahasiswa selama pendemi Covid-19 peiode April-Mei 2020. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 8.

Zeidner, M. (1998). Anxiety: The State of The Art. NewYork: Kluwer Academic Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i2.15142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Aini, Nengsih Sri Wahyuni & Fuad Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id