Adversity Quotient: The Role of Social Support and Optimism as Mediator Variables in Working Students

Novia Rahmani Safitri, Linda Mora, Haryanti Mustika

Abstract


A major challenge for working students is balancing the demands of study and work simultaneously. The ability to face challenges and overcome obstacles, known as adversity quotient, is very important for working students. The purpose of this study is to analyze how social support affects the adversity quotient of working students, with optimism having a role in the mediator variable. This study adopted a quantitative approach by involving 225 students from UBP Karawang Psychology Department as participants. The sampling technique applied was non-probability sampling using purposive sampling approach. Data collection was conducted through three instruments, namely the Adversity Response Profile (ARP), Life Orientation Test - Revised (LOT-R), and the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Data were analyzed by testing the assumptions of normality and linearity, followed by path analysis. The results indicated that social support and adversity quotient did not show a significant influence (p > 0.067). However, there was a significant influence between social support and optimism (p < 0.001). In addition, optimism also showed a significant influence on adversity quotient (p < 0.001). Significantly (p < 0.001) revealed optimism plays a role as a full mediator of social support on adversity quotient.

Tantangan besar bagi mahasiswa bekerja merupakan menyeimbangkan tuntutan perkuliahan dan pekerjaan secara bersamaan. Kemampuan untuk menghadapi tantangan dan mengatasi hambatan, yang dikenal sebagai adversity quotient, sangat penting bagi mahasiswa bekerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana dukungan sosial mempengaruhi adversity quotient mahasiswa bekerja, dengan optimisme yang memiliki peran dalam variabel mediator. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 225 mahasiswa dari Jurusan Psikologi UBP Karawang sebagai partisipan. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah non-probability sampling menggunakan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga instrumen, yakni Adversity Response Profile (ARP), Life Orientation Test – Revised (LOT-R), serta Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Data dianalisis dengan menguji asumsi normalitas dan linearitas, dilanjutkan dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa dukungan sosial dan adversity quotient tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan (p > 0.067). Namun demikian, ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial dan optimisme (p < 0.001). Selain itu, optimisme juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap adversity quotient (p < 0.001). Secara signifikansi (p < 0.001) mengungkapkan optimisme berperan sebagai mediator penuh dukungan sosial terhadap adversity quotient.


Keywords


Adversity Quotient; Optimism; Social Support

Full Text:

FULL TEXT

References


Applebaum, A. J., Stein, E. M., Lord-Bessen, J., Pessin, H., Rosenfeld, B., & Breitbart, W. (2014). Optimism, social support, and mental health outcomes in patients with advanced cancer. Psychooncology, 23(3), 299–306.

Aprilia, E. D., & Khairiyah, Y. (2018). Optimisme menghadapi persaingan dunia kerja dan adversity quotient pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(1), 18–33.

Apriyani, Y., & Uyun, M. (2023). The role of self-resilience and self-efficacy to increase adversity quotient. Psikoborneo Jurnal Imiah Psikologi, 11(2), 162–167.

Apriyanti, T., Astuti, S., & Budi, I. S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta). Behavioral Accounting Journal , 4(1), 276–286.

Aulia, R., Akbar, S. N. A., & Ekaputri, F. K. (2020). Hubungan dukungan sosial dengan kecerdasan adversitas pada masyarakat yang tinggal di daerah rawa desa pandahan kecamatan bati-bati. Jurnal Kognisia, 3(1), 146–155.

Carver. Charles, S., Scheier, M. F., & Segerstrom, S. C. (2010). Optimism. Clinical Psychology Review, 30(7), 879–889.

Cerya, E. (2017). Pentingkah adversity quotient dalam pencapaian prestasi akademik di perguruan tinggi? PAKAR PENDIDIKAN, 15(2), 18–27.

Dudija, N. (2011). Perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang bekerja dengan mahasiswa yang tidak bekerja. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(2), 195–206.

Gusria, A., & Pratiwi, M. (2022). Motivasi pengembangan karir terhadap adversity quotient pada mahasiswa kelas malam yang bekerja. Psychology Journal of Mental Health, 4(1), 26–35.

Hakim, A. R., & Hasmira, M. H. (2022). Strategi kuliah sambil bekerja oleh mahasiswa (Studi kasus: mahasiswa bekerja di Universitas Negeri Padang). Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(1), 30–37.

Hariyati, D. R., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada fresh graduate Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 153–164.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 19–28.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201–209.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Matore, M. E. E. M., Khairani, A. Z., & Razak, N. A. (2020). Development and psychometric properties of the adversity quotient scale: an analysis using rasch model and confirmatory factor analysis.. Revista Argentina de Clínica Psicológica, 29(5), 574–591. DOI: 10.24205/03276716.2020.1055

Muslimah, I., & Satwika, Y. W. (2019). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada siswa kelas XI SMA NEERI 2 PARE. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(7), 1–7.

Napitupulu, L., Kurniawan, I. N., & Nashori, F. (2007). Pelatihan adversity intelligence untuk meningkatkan kebermaknaan hidup remaja panti asuhan. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 12(23), 43–56.

Nisa, N. I. C., & Salim, A. (2025). Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout karyawan ditinjau dari gaya kepemimpina. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(1), 121–127.

Nurfitri, E. A., & Nastiti, D. (2022). Relationship Between Adversity Quotient And Answering Between The Tahfidz Exam At The Santri Pondok Pesantren. Academia Open, 6. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1638

Nurhindazah, D., & Kustanti, E. R. (2016). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan adversity intelligence pada mahasiswa yang menjalani mata kuliah tugas akhir di fakultas teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(4), 645–652.

Octavia, E., & Nugraha, S. P. (2013). Hubungan antara adversity quotient dan work-study conflict pada mahasiswa yang bekerja. Jurnal Psikologi Integratif, 1(1), 44–51.

Puspasari, D. A., Kuwato, T., & Wijaya, H. E. (2012). Dukungan sosial dan adversity quotient pada remaja yang mengalami transisi sekolah... Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(1), 73–78.

Rahmawan, F. R., & Selviana. (2021). Hubungan adversity quotient dan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stress mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 67–75.

Rikumahu, M. C. E., & Rahayu, M. N. M. (2022). Resiliensi akademik pada mahasiswa: bagaimana kaitannya dengan optimisme selama masa pembelajaran daring? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 575–584.

Sari, N., & Mariana, R. (2020). Hubungan antara dukungan sosial dengan optimisme pada perantau minang survivor kerusuhan wamena. Psyche 165 Journal, 13(2), 183–189.

Septiana, D., Suroso, & Arifiana, I. Y. (2023). Adversity quotient pada mahasiswa pekerja: Adakah peranan optimisme? INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 734–742.

Septianingrum, L. W., & Supraba, D. (2021). Pengaruh dukungan sosial atasan pada optimisme karyawan dalam bekerja di era new normal Covid-19.. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(2), 64–76.

Setiadi, S. N., & Selviana. (2024). Hubungan optimisme dan dukungan sosial keluarga dengan adversity quotient pada siswa kelas XI MAN 4 Jakarta. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1), 1–10.

Souri, H., & Hasanirad, T. (2011). Relationship between resilience, optimism and psychological well-being in students of medicine. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 1541–1544.

Tri, A. M., & Rahayu, M. N. M. (2024). Staying optimistic in the middle of academic challenges: a correlational study of optimism with academic resilience in Bidikmisi/KIP students. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(1), 35–41.

Tugade, M. M., & Fredrickson, B. L. (2004). Resilient individuals use positive emotions to bounce back from negative emotional experiences. Journal of Personality and Social Psychology, 86(2), 320–333.

U.S, S. (2015). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71.

Ulfah, S. H. (2010). Efikasi diri mahasiswa yang bekerja pada saat penyusunan skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Utami, I. B., Hardjono, & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa program studi psikologi fakultas kedokteran UNS yang mengerjakan skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(1), 154–167.

Wardani, I. A., & Sugiharto, D. Y. P. (2020). Hubungan adversity quotient dan dukungan sosial dengan optimisme akademik pada siswa SMP Negeri 1 Wanadadi. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 160–178.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i3.19626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novia Rahmani Safitri, Linda Mora, Haryanti Mustika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi id indexed by :

Moraref Crossref One Search OpenArchives Sinta GoogleScholar GoogleScholar Garuda Portal-ISSN Base
 

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id