Pengaruh Positioning dan Persepsi Iklan Dengan Keputusan Pembelian Ulang Produk Air Mineral Aqua Pada Remaja Akhir

Hasbi Asshidiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara positioning dan persepsi iklan dengan keputusan pembelian kembali produk air mineral aqua pada remaja akhir tahun. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala, skala keputusan pembelian kembali, skala positoning, dan skala iklan persepsi. Penelitian pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan model regresi dan model secara bertahap diisi dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada hubungan positioning dengan keputusan pembelian kembali produk, nilai yang diperoleh adalah T value = 1,900> T tabel = 1,948 dan P = 0,006 <0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan ada hubungan antara iklan persepsi dengan keputusan pembelian kembali produk, diperoleh nilai T hitung = 5,356> T tabel = 1,948 dan P = 0,000 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan terdapat hubungan positioning dan persepsi iklan dengan keputusan pembelian kembali produk, diperoleh nilai F hitung = 31,690> F tabel = 3,09, R2 = 0,395, dan P = 0,000 <0,050. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah keputusan pembelian kembali produk dapat dikatakan dipengaruhi secara positif oleh positioning dan persepsi iklan pada konsumen yang melakukan keputusan pembelian kembali produk air mineral aqua pada remaja akhir remaja.

Full Text:

PDF

References


Abideen, Z., & Saleem, S. (2012). Effective Advertising and Its Influence on Consumer Buying Behavior. European Journal of Business and Management., Vol. 3 No. 3 Hal 55-65.

Abideen, Z., & Saleem, S. (2013). Pengaruh Persepsi Iklan, Kesadaran Merek, Citra Merek terhadap Sikap pada Merek dan Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Pestisida Merek Sidamethrin 50 EC). Jurnal Aplikasi Manajemen., Vol. 2. No.4. Hal 538-539.

Armstrong., & Kotler. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke-9., Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Daugherty, T., Logan, K., Chu S., & Huang S. (2008). Understanding Consumer Perceptions of Advertising: a Theoretical Framework of Attitude and Confidence. American Academy of Advertising Conference Proceedings.

Darmawan, D. & Erna F. (2004). Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atma Jaya.

Durianto., Sugiarto., Widjaja., & Supraktino. (2003). Invasi Pasar Dengan Yang Ekfektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fam, K. S., & Waller, D. (2006). Identifying Likeable Atributes: A Qualitative of Television Advertisements in Asia. Qualitative Market Research. Vol. 9. No.1 Hal 38-50.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Univertas Diponegoro.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi.

Hasan, I. (2002). Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hawkins., Best., & Coney. (2004). Consumer Behavior, Building Marketing Strategy. Boston: Mc Graw Hill Companies.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarata: Salemba Empat.

Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12., Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks.

Manullang, M. (2006). Pengantar Bisnis. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press

Marketeers. (2017). Kategori: Positioning Aqua Sekarang Mirip Mizone?. Online.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukotjo, H., & Radix, S. (2010). Analysis Marketing Mix-7 (Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process and Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Teta di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.3, No.1, hal : 1-7.

Spears, N., & Singh, S. N. (2004). Measuring Attitude Toward The Brand and Purchase Inventions. Journal of Current Issues and Research In Advertising. Volume 26, (2), hal: 53–66.

Sukmana, O. (2003). Dasar-Dasar Psikologi Lingkungan. Malang: Bayu Media. UMM Press.

Top Brand Award. (2016). Kategori: Air Minum Dalam Kemasan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id