Pengaruh Perfeksionisme Siswa dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar

Irwina Dyah Apriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kesempurnaan dan pola asuh siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan quatitaive. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Samarinda yang memiliki kecenderungan perfeksionis sebanyak 81 orang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan rapor, skala kesempurnaan siswa, dan skala pola asuh siswa. Timbangan disusun dengan skala model likert dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kesempurnaan siswa dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda, dengan nilai signifikan (p) sebesar 0,000 dan F hitung sebesar 25,922 dengan pengaruh besar 39,9%. . Pada kesempurnaan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda terdapat pengaruh dengan nilai koefisien beta (β) 0,653, dan nilai t hitung 6,653, t tabel 1,984 dan (p) 0,000. Pada pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda tidak terdapat pengaruh dengan nilai koefisien beta (β) 0,050 dan nilai t hitung 0,508, t tabel 1,984 dan (p) 0,613.

Keywords


prestasi belajar, kesempurnaan siswa, pola asuh

Full Text:

PDF

References


Aditomo, A., & Retnowati, S. (2004). Perfeksionisme, Harga Diri, dan Kecenderungan Depresi pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi.1(1):1-14.

Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharuddin., & Wahyuni. E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.

Damon., & Lerner. (2006). Handbook of Psychology Child. USA: John Wiley & Sons.

Freeman, J., & Munandar, U. (2001). Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hill, R. W., Huelsman, T. J., Furr, R. M., Kibler, J., & Vicente, B. B., Kennedy, C. (2004). A New Measure of Perfectionism: The Perfectionism Inventory. Journal of Personality Assessment. 82(1).

Hurlock, E. B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Jayanti, R., & Widayat, I. W. (2014). Hubungan antara Tuntutan Orang Tua terhadap Prestasi dengan Perfeksionisme pada Anak Berbakat di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 3(3):153-158.

Karnangsyah, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(1):1-9.

Lestari, K.A & Fauziah, N. (2016). Hubungan antara Konfomitas dengan Hasil Belajar pada Siswa di SMA Muhammadiyah Kudus. Jurnal Empati. 5(4):717-720

Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayati., Akbar, S. N., & Mayangsari, M. D. (2014). Hubungan Perfeksionisme dengan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ecopsy. 1(4).

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 17(1):25-32.

Ratna, P. T & Widayat, I. W. (2013). Perfeksionisme pada Remaja Gifted (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas Akselerasi di SMAN 5 Surabaya). Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. 2(3):144-152.

Riyanto, B. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Sari, A., & Rustika, I. M. (2015). Hubungan Pola Asuh Autoritatif dengan Taraf Kecemasan pada Siswa Akselerasi SMA Negeri 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 2(2):215-221.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Stairs, A. M., Smith, G. T., Zapolski, C. B., Comb, J. L., & Settles, R. E. (2012) SUARSI. Clarifying the Construct of Perfectionism. Assessment SAGE. 19(2):146-166.

Suarsi,., Mariyanti, S., & Safitri. (2015). Hubungan antara Perfeksionisme Mahasiswa dengan Prestasi Belajar Penerima Beasiswa Universitas Esa Unggul. Junral Media Ilmiah Psikologi. 4(1):1-6.

Syamaun, N. (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id