Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Juli Aruan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata kuliah PGSD tahun 2015 di Universitas Terbuka Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Terbuka Samarinda dengan jumlah sampel 60 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel purvosive. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan regulasi diri dan prestasi belajar pada jurusan PGSD 2015 di Universitas Terbuka Samarinda dengan nilai R 0,080 dan nilai signifikan sebesar 0,449 (p> 0,05) serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar. dan prestasi belajar dengan hasil R 0,064 dan nilai signifikan 0,540 (p> 0,050).

Keywords


Prestasi Belajar, Regulasi Diri, Lingkungan Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arif, R. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Arikunto, S. (2006). ProsedurPenelitian: SuatuPendekatanPraktik. (EdisiRevisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.

Bimo, W. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Erikson, E. H. (1989). Identitas Siklus Hidup Manusia. Jakarta: PT. Gramedia.

Franken, R. E. (2002). Human Motivation. USA: Wadsworth Thomson Learning.

Ghufron, M. N. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, L. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Jihad, A dan Haris, A. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Naibaho, O. H., Yamlean, P. V. Y., & Wiyono, W. (2010). Pengaruh

Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pemasaran. 5(1): 22-26. Aruz Media.

Pintrich, P. R. (2003). Motivation and classroom learning. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Winkel, W. S. (2007). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wiyono, B. B. (2003). Hubungan antara lingkungan belajar. Jakarta: Forum Penelitian.

Saroni, M. (2006). Manajemen Sekolah: Kiat menjadi pendidik yang kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 118-126.

Suryabrata. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tirta, K. (2010). Stres pada Calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang akan Bekerja Di Luar Negeri ditinjau dari Self-Regulation. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id