Formulasi Strategi Bisnis Gula Aren Berbasis Marketing Mix (11P) Menuju Target SDGs Economic Growth di KTH Buttu Puang

Rizky Ariesty Fachrysa Halik, Rini Pratiwi

Abstract


Kelompok Tan Hutan (KTH) Buttu Puang, Desa Mirring, Kabupaten Polewali Mandar merupakan KTH yang mengelola Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berupa gula aren. Meskipun produksinya masih menggabungkan metode  tradisional dan menggunakan peralatan canggih, gula aren telah muncul sebagai komoditas utama. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis yang perlu diterapkan pada usaha garen ini dengan mengacu pada 11P Marketing Mix sebagai alternative strategi untuk mengembangkan usaha gula aren secara berkelanjutan. Pengumpulan data yang berkaitan dengan penelitian dilakukan dengan teknik tinjauan pustaka, observasi lapangan, dan wawancara mendalam untuk memperoleh data atau informasi yang relevan dengan topic penelitian. Analisis deskriptif kualitatif dipilih sebagai metode analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa elemen dari 11P telah diterapkan, tetapi belum optimal. Aspek kemasan ramah lingkungan, janji merek (terutama untuk produk gula aren), efektivitas promosi, dan perluasan kemitraan perlu ditingkatkan. Dengan memperkuat unsur-unsur tersebut, gula aren dari KTH Buttu Puang memiliki potensi besar untuk menjadi produk lokal unggul yang berdaya saing di pasar nasional dan internasional.


Full Text:

PDF

References


Astuti, H. (2022). Evaluation of the implementation marketing mix and relationship with business development. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(12), 943–954.

Firi, F., Rizky, A. F. H., & Mutmainna, M. (2023). The effect of digital marketing and entrepreneurial orientation on sustainable business performance in micro agribusiness enterprises. In Proceeding of the International Conference on Economy, Management, and Business, 1(1), 1850–1859.

Fitri, F., Astuti, W., Arhim, M., & Rizky, A. F. H. (2024). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kopi Republik di Kabupaten Polewali Mandar. Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 7(1), 73–82.

Latifah, S., Fachrudin, K. A., Hartini, K. S., Syahputra, O. H., Ulum, Z., Sihombing, et al. (2025). Utilization of non-timber forest products Arenga pinnata as a natural food source. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1445(1), 012008.

Makkarennu, Syamsu, A., & Rini, P. (2022). Pengelolaan dan kontribusi pendapatan terhadap pendapatan masyarakat di KPHL Selayar. Jurnal Perennial, 18(2), 29–38.

Mulyani, M., Rahman, A. N. F., & Langkong, J. (2024). Agroindustry development strategy for palm sugar in Bone Regency. In BIO Web of Conferences, 96, 07004. EDP Sciences.

Putri, T. Y., Anggraini, T., & Harahap, R. D. (2023). Analisis implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) 11P pada UMKM Tenis (Teh Nikmat Sidamanik). Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 37–48.

Rini, P., Andi, M. Z., Sri, A. R. S., Suhartono, & Ulfa, A. (2024). Analisis penerimaan usaha kenari di Desa Onto, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. Pangale Journal of Forestry and Environment, 4(2), 1–11.

Rini, P., Makkarennu, & Ridwan. (2024). Business development strategy: A small business of walnut. Journal of Sustainability Science and Management, 19(2), 181–189.

Rizky, A. F. H. (2023). Peran digital marketing dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis yang berkelanjutan pada usaha mikro dan kecil agribisnis di Polewali Mandar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 12(3), 556–563.

Roliyani, S. A. (2022). Penerapan bauran pemasaran 7P dalam meningkatkan penjualan gula aren: Studi kasus Home Made Arena Aren Lombok Desa Pringgajurang Utara Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram). UIN Mataram Institutional Repository.

Thammanu, S., Han, H., Marod, M., Zang, L., Jung, Y., Soe, K., & others. (2021). Non-timber forest product utilization under community forest management in northern Thailand. Forest Science and Technology, 17(1), 1–15.

Trigkas, M., Pelekani, F., Papadopoulos, I., Lazaridou, D. C., & Karagouni, G. (2023). Non-wood forest products’ marketing: Applying a SAVE approach for establishing their marketing mix in Greek local mountain communities. Forests, 14(9), 1762.

Yumeina, D., Thayeb, D. A., Maryam, N., & Hasannudin, D. A. L. (2024). Bauran pemasaran 7P dalam pengembangan usaha gula aren pada kelompok tani hutan di kawasan Hutan Desa Turu Adae. Jurnal Hutan dan Masyarakat. 16(2), 98-112.

Zhu, L., & Lo, K. (2021). Non-timber forest products as livelihood restoration in forest conservation: A restorative justice approach. Trees, Forests and People, 6, 100130.




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v9i2.22105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rini Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International